Pikiran Rakyat
USD Jual 14.031,00 Beli 14.129,00 | Umumnya berawan, 26.1 ° C

Sempat Diragukan Beroperasi, Damri Antarkan Penumpang Cimahi ke BIJB Kertajati

Ririn Nur Febriani
DAMRI jurusan Cimahi-BIJB Kertajati di pelataran Apartemen The Edge Jalan Baros Kota Cimahi, Rabu, 21 Agustus 2019. Bus dengan jadwal keberangkatan pukul 11.00 WIB hanya terisi 2 orang penumpang.*/RIRIN N.F/PR
DAMRI jurusan Cimahi-BIJB Kertajati di pelataran Apartemen The Edge Jalan Baros Kota Cimahi, Rabu, 21 Agustus 2019. Bus dengan jadwal keberangkatan pukul 11.00 WIB hanya terisi 2 orang penumpang.*/RIRIN N.F/PR

CIMAHI, (PR).- Minimnya sosialisasi dan informasi trayek baru Damri jurusan Cimahi-Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati membuat masyarakat meragukan layanan transportasi umum tersebut. Damri tetap beroperasi meski tanpa kehadiran penumpang, layanan ini diberikan untuk memudahkan akses transportasi masyarakat ke bandara tersebut.

Seperti pantauan "PR" di lokasi pool Damri jurusan Cimahi-BIJB Kertajati di pelataran Apartemen The Edge Jalan Baros Kota Cimahi, Rabu, 21 Agustus 2019. Bus dengan jadwal keberangkatan pukul 11.00 WIB hanya terisi 2 orang penumpang. Meski demikian, sopir tetap memberangkatkan armadanya.

Salah satu penumpang, Renaldi (51) mengatakan, sehabis berkunjung ke keluarganya di Cimahi dia hendak pulang ke Medan dengan tiket penerbangan melalui BIJB Kertajati. "Keluarga tinggal di Cimahi, mereka dapat info ada damri gratis ke BIJB. Cuman belum tahu benar apa enggak karena kurang gebyar ya sosialisasinya," ujarnya.

Saat diantar keluarga ke pool Damri, dia sempat menanyakan kebenaran layanan tersebut. "Jujur saya sempat ragu juga karena sepi. Ketika ditanyakan, sopirnya bilang melayani. Memang coba-coba saja dan ternyata benar ya kenapa enggak," katanya.

Jam penerbangan pesawat ke Medan terjadwal pukul 16.30 WIB. "Waktu luangnya cukup, mudah-mudahan tepat waktu sampai dan tidak ada kendala di perjalanan. Dengan layanan gratis ini ya kenapa enggak kita manfaatkan," ucapnya.

Layanan bus Damri jurusan Cimahi-BIJB Kertajati berlangsung sejak Selasa, 20 Agustus 2019. Dalam masa uji coba, Damri menyediakan rute Cimahi-BIJB Kertajati secara gratis hingga Desember 2019.

Jadwal pemberangkatan dari Cimahi menuju BIJB Kertajati mulai pukul 02.00 WIB, 06.00 WIB, 11.00 WIB, dan terakhir pukul 15.00 WIB. Sedangkan jadwal pemberangkatan dari BIJB Kertajati menuju Cimahi pukul 07.00 WIB, 11.00 WIB, 16.00 WIB, dan 22.00 WIB.

Ditemui di lokasi, Sandi Krisnandi dari Pelayanan Jasa Damri cabang Bandung mengatakan sejauh ini minat masyarakat untuk memanfaatkan layanan bus Damri menuju BIJB Kertajati cukup tinggi. "Untuk layanan keberangkatan dari Kota Bandung selalu penuh. Di Kota Cimahi ini, sudah banyak masyarakat yang berdatangan menanyakan jadwal keberangkatan. Selain warga Cimahi, ada yang dari Batujajar, Setraduta, sampai beberapa orang dari pusdik datang. Artinya sudah ada minat, tinggal mencocokkan jadwal," ujarnya.

Menurut Sandi, pada softlaunching layana damri Cimahi-BIJB Kertajati 20 Agustus 2019, tidak ada penumpang yang berangkat dari Cimahi. Menurut dia, sosialisasi layanan tersebut harus ditingkatkan.

"Penumpang pada hari pertama kemarin kosong. Untuk hari ini tadi pagi keberangkatan pukul 6.00 WIB  ada 1 orang dan pukul 11.00 WIB ini 2 orang. Harapannya ke depan bisa lebih ramai lagi dengan peningkatan sosialisasi," ucapnya.

Untuk persyaratannya, tinggal menunjukkan tiket pemberangkatan pesawat atau kode booking serta memperlihatkan KTP-Elektronik. "Kami dibekali jadwal pemberangkatan pesawat dari BIJB yang terus update setiap hari, jadi tahu penerbangan jam sekian kemana saja," ujarnya.

Namun, layanan tersebut hanya berlaku untuk calon penumpang pesawat. "Bagi warga yang mau mengantar, antarkan sampai ke pool saja. Percayakan kepada armada damri untuk mengantar ke BIJB," tuturnya.

Dengan jarak sekitar 168 km, layanan bus Damri dapat menempuh perjalanan selama 2 jam 10 menit- 2,5 jam jika disertai kemacetan. "Perjalanan cukup lancar, dari pool The Edge langsung masuk exit Tol Baros hanya butuh sekitar 5 menit. Di perjalanan, sejauh ini belum mengalami kendala berarti," katanya.

Jarak tempuh tersebut terbilang lebih cepat dibanding keberangkatan dari pool Damri di Jalan Kebonkawung Kota Bandung. Menurut Sandi, banyak penumpang Kota Bandung mengambil jadwal bus sampai 6 jam sebelum jadwal pesawat karena kemacetan terutama di ruas Pasteur yang tidak bisa dihindari. 

"Dengan efisiensi waktu tersebut, Damri ke BIJB dari pool Cimahi bisa dimanfaatkan juga oleh warga Bandung Raya terutama yang lokasi lebih dekat ke Cimahi seperti Soreang bisa menempung Tol Soroja, Nanjung, Lembang, dan lainnya," katanya.

Sejauh ini, Damri baru menyediakan 2 unit armada. "Dengan atau tanpa penumpang, bus tetap beroperasi sesuai waktu. Sehingga, tidak ada keterlambatan penjemputan di dua lokasi point to point Cimahi-BIJB," katanya.

Dishub Kota Cimahi turut melakukan pemantauan proses keberangkatan armada Damri Cimahi-BIJB di lokasi pool. Termasuk, melihat respon masyarakat mengenai layanan tersebut.

Kasi Angkutan Dishub Kota Cimahi Ranto Sitanggang mengatakan, Kota Cimahi terpilih menjadi daerah baru layanan bus Damri untuk mendukung kemudahan akses ke BIJB Kertajati. Hal itu berdasarkan surat dari Dirjen Perhubungan Darat Kementrian Perhubungan. "Damri ditugaskan buka layanan angkutan ke BIJB untuk 6 rute termasuk Cimahi," ujarnya.

Keberadaan rute Cimahi-BIJB bisa menopang Kota Bandung atas layanan tersebut untuk wilayah Bandung Raya. "Jadi, tidak hanya untuk warga Cimahi tapi bisa juga diakses daerah sekitar," katanya.

Layanan transportasi Cimahi-BIJB semula ditargetkan beroperasi mulai 1 September 2019 mendatang. "Ketika pool sudah siap, ya langsung dioperasikan saja sambil sosialisasi ke masyarakat," katanya.

Layanan tersebut berlaku cuma-cuma sepanjang 2019. "Selama melayani tujuan Cimahi-BIJB, angkutan Damri gratis sampai akhir Desember 2019. Soal tarif, masih dalam pembahasan serta melihat hasil uji coba," ungkapnya.

Pemkot Cimahi berharap layanan ini bisa terwujud dan berjalan. Apalagi, layanan transportasi umum ke BIJB sangat dibutuhkan masyarakat. "Pesan masyarakat, layanan bisa terus beroperasi dengan jadwal pemberangkatan tepat waktu," ucapnya.

Ranto menilai, terdapat dampak positif yang bisa dimanfaatkan Kota Cimahi dari kemunculan rute tersebut. "Damri merupakan moda transportasi umum rintisan, muncul peluang operator swasta buka rute yang sama dan sekarang sudah mulai muncul. Kebangkitan ekonomi dari sisi lain, misal usaha kuliner di sekitar bisa bermunculan," katanya.***

Bagikan: