Pikiran Rakyat
USD Jual 13.896,00 Beli 13.994,00 | Sedikit awan, 20.4 ° C

Sempat Mengaku Dibegal, MAR Ternyata Pencuri Spesialis Minimarket

Handri Handriansyah
null
null

SOREANG, (PR).- Spesialis pencurian dengan pemberatan (Curat) minimarket, MAR (29) akhirnya dibekuk jajaran Kepolisian Resor Bandung setelah beraksi di belasan lokasi se-Jawa Barat. Warga Kota Bandung itu tertangkap di wilayah Sumedang setelah kepergok warga saat beraksi di sebuah minimarket di Desa Panundaan, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung pada 15 Agustus 2019 lalu.

Kapolres Bandung Ajun Komisaris Indra Hermawan mengatakan, tersangka masuk ke minimarket di Ciwidey melalui atap. "Saya apresiasi Polsek Ciwidey yang mampu mengungkap kasus ini kurang dari 24 jam," ujarnya di Mapolres Bandung, Selasa 20 Agustus 2019.

Menurut Indra, tersangka sempat menggondol ratusan bungkus rokok dari dalam minimarket dan mengemasnya menggunakan tiga kardus. Namun aksinya keburu diketahui warga dan ia langsung melarikan diri.

"Dari identitas sepeda motor, polisi memburu tersangka ke rumahnya di kawasan Wado, Kabupaten Sumedang. Setelah dicek di sana ternyata benar pemilik sepeda motor itu adalah mertua tersangka," kata Indra.

Kemudian, kata Indra, polisi pun langsung memburu tersangka di alamat yang ditunjukan oleh sang mertua. Di tempat itulah MR dibekuk dan mengaku bahwa aksinya di Ciwidey bukanlah yang pertama kali.

Indra menegaskan, tersangka sudah melakukan aksi serupa selama belasan kali di sejumlah wilayah. "Paling banyak TKP di wilayah hukum Polres Cimahi, sehingga kami berkoordinasi dengan Polres Cimahi," ujarnya.

Laporan palsu

Dalam aksi terakhirnya, kata Indra, tersangka juga sempat membuat laporan palsu ke Polsek Pamulihan Sumedang. Dalam laporan tersebut, tersangka mengaku kehilangan sepeda motor milik mertuanya akibat aksi begal.

Sementara itu Kapolsek Ciwidey Ajun Komisaris Ivan Taufik mengatakan, tersangka memang merupakan pemain lama yang khusus menjadikan produk rokok sebagai target barang curian. Namun sejauh ini tersangka dipastikan bukan merupakan residivis karena baru kali ini tertangkap.

Saat beraksi di Ciwidey sekitar pukul 23.30 WIB, kata Ivan, pelaku tidak sempat membawa kabur hasil curiannya. "Karena aksinya ketahuan oleh warga, pelaku langsung lari dan meninggalkan sepeda motor beserta barang hasil curian," ucapnya.

Tersangka diduga melarikan diri dengan menggunakan kendaraan umum dan menuju rumah mertuanya di Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang. Namun alamat sang mertua bisa segera diketahui oleh polisi lewat data pelat nomor sepeda motor yang ditinggalkan tersangka.

Selain sepeda motor, kata Ivan, barang bukti yang berhasil diamankan berupa 1147 bungkus rokok, 1 kemeja merah, 1 celana hitam, 1 jaket biru, 1 helm hitam dan sepasang sepatu hitam. "Dari pengakuannya, tersangka juga sudah melakukan aksi serupa di 8 lokasi di Cimahi, 2 lokasi di Cianjur dan 1 lokasi di Sukabumi," ujarnya.***

Bagikan: