Pikiran Rakyat
USD Jual 14.007,00 Beli 14.105,00 | Umumnya berawan, 27.3 ° C

2Kata, Grup Akustik TNI-Polri dengan Personel Berkualitas

Mochammad Iqbal Maulud
GRUP Band 2Kata, dari kiri ke kanan, Serda Velix, Brigadir Arif, Serda Yessica, Brigadir Kris dan Bripka Tommy.*/ MOCHAMAD IQBAL MAULUD/PR
GRUP Band 2Kata, dari kiri ke kanan, Serda Velix, Brigadir Arif, Serda Yessica, Brigadir Kris dan Bripka Tommy.*/ MOCHAMAD IQBAL MAULUD/PR

ENAM sampai tujuh oktaf  bukanlah suara yang mudah, hanya beberapa artis saja yang mampu mencapai suara setinggi itu. Untuk artis internasional  semisal Whitney Houston dan Mariah Carey yang bisa mencapainya. Sementara artis Indonesia pun mungkin hanya Agnes Monica dan Bertha yang bisa berteriak keras memecah sunyi sekuat itu.

Sebuah keunikan terjadi, ternyata ada seorang perempuan yang mampu mencapai suara tinggi itu. Uniknya perempuan ini adalah seorang Kowad dari Ditajenad Mabesad TNI. Dialah Serda Yessica Anggiana Saragih (23) yang tergabung dengan grup akustik 2Kata.

Memiliki suara vokalis setingkat artis nasional tersebut kini ‎grup akustik 2Kata, mulai dikenal publik khususnya di kalangan TNI-Polri. Apalagi setelah membuat dua single cover dari Stephanie Poetry berjudul I Love U 3000 dan cover lagu Tulus berjudul Sewindu.

Tak hanya mengandalkan Yessica, semua anggota grup ini pun berkualitas nasional. Seperti vokalis lainnya yaitu Brigadir T.Arif Apriadin‎ (34), yang memiliki suara tidak standar namun bagaikan penyanyi-penyanyi soul di era tahun 1970 an.

Pengiring mereka pun lagi-lagi tidak berkualitas standar, seperti Serda Velix Sanjaya yang pandai menggunakan saxophones. Begitu juga Brigadir Kepala Tommy Setia (33) yang piawai dalam gitarnya dan Brigadir Kris N.N yang hebat memainkan bass.

"Grup ini sebenarnya baru dibentuk di awal bulan Agustus lalu, tetapi sebelumnya sudah sering bertemu saat acara TNI-Polri. Dari pertemuan tersebut maka kami usulkan untuk membentuk grup ini, responsnya pun ternyata luar biasa, banyak yang menyukainya. Meski baru dibentuk banyak dinas di TNI dan Polri yang undang kami," kata Brigadir Arif, saat ditemui seusai menyanyi pada acara Bakti Sosial Ditresnarkoba Polda Jabar dan Satresnarkoba Polrestabes Bandung. Tepatnya di Jalan Ir H Djuanda, Kota Bandung pada Jumat 16 Agustus 2019.

Menurut Arif grup ini hanya iseng-iseng saja awal dibuatnya, dan dengan peralatan seadanya kami membuat cover. "Eh ternyata menyebar luas dengan cepat single cover tersebut, kebetulan vokalis perempuan kami Yessica punya follower banyak di instagram," ucap Anggota Biddokes Polrestabes Bandung itu.

2Kata ini lanjut Arif memiliki arti tersendiri, yang pertama adalah grup ini akan mudah diingat. Tetapi secara arti yang mendalam, 2Kata ini tidak lain dan tidak bukan adalah memiliki arti yang khusus yaitu berarti, TNI-Polri‎.

Menjaga lingkungan

Sementara Yessica meski memiliki suara luar biasa namun tetap rendah hati. Dia juga mengaku sudah aktif menyanyi pada usia yang masih muda belia. "Sudah mulai nyanyi sejak saya masih usia 5 tahun, bahkan lanjut terus dilakukan hingga sekarang. Sejak dulu kebetulan saya aktif menyanyi di gereja," katanya.

Kowad kelahiran Siantar, Sumatera Utara ini pun meski memiliki potensi besar dalam dunia menyanyi, masih ingin tetap mengabdikan dirinya untuk NKRI. "Menyanyi hanya sebagai selingan dan menyalurkan hobi saya saja," ucapnya.

Hal senada dikatakan Brigadir Kepala Tommy, menurut dia menyanyi bukanlah yang utama. Tetapi menjaga keamanan di lingkungan adalah ‎yang utama, apalagi sebagai anggota reserse di Polsekta Bojongloa Kidul, tugasnya cukup berat.

“Keamanan warga harus yang utama, tetapi jika sekali-sekali saya menyanyi bersama grup boleh lah. Terutama jika itu merupakan tugas dari pimpinan yang harus dilaksanakan," kata pemain gitar grup band tersebut.

Sementara itu hanya belajar selama 6 tahun sejak 2013 lalu Serda Velix memiliki kemampuan saxophones yang mumpuni. Tak kalah dengan pemain saxophones‎ terkenal Kenny G.

"Dulu sejak 2013 lah belajar saxophone saat masih SMA, dulu saya sekolah di SMK BPK Penabur, Kota Bandung. Nah belajar saxophonenya yah privat saja, gurunya datang ke rumah. Ada dukungan orang tua juga," ujarnya.

‎Brigadir Kris pun tak butuh waktu lama untuk belajar bass, hanya butuh 2 tahun saja untuk menguasai bass. Memang diakuinya sebelumnya dia adalah pemain gitar. "Yah tidak terlalu sulit lah untuk bermain bass jika kita memiliki basic sebagai pemain gitar," katanya.

Manajer grup akustik 2Kata, Ajun Komisaris Besar Polisi Irfan Nurmansyah, mengatakan grup ini dibentuk atas keinginan terdapatnya sinergitas antara TNI dan Polri. "Mereka mulai sering bertemu sejak Pilkada lalu di sanalah mereka memutuskan untuk membuat grup ini," kata Irfan yang juga merupakan Kasat Narkoba Polrestabes Bandung ini.

Irfan juga melihat potensi dari anak-anak didiknya ini amat mumpuni. Tidak kalah dengan artis dan pemain musik Nasional. "Tentunya kami juga meminta izin terlebih dahulu kepada pimpinan untuk pembentukan grup ini," katanya.

Diharapkan kata dia, dengan 2Kata ini sinergi TNI dan Polri terus terjaga. Selain itu diharapkan pula masyarakat bisa terhibur dengan kualitas dan kekompakan grup musik tersebut.***

Bagikan: