Pikiran Rakyat
USD Jual 14.116,00 Beli 14.214,00 | Sedikit awan, 20.3 ° C

Bupati Pastikan Jemaah Haji Bandung Barat Selamat dari Terowongan Mina

Cecep Wijaya Sari
FOTO ilustrasi terowongan Mina.*/ANTARA
FOTO ilustrasi terowongan Mina.*/ANTARA

NGAMPRAH, (PR).- Semua jemaah haji asal Kabupaten Bandung Barat dipastikan selamat terkait dengan beredarnya video viral yang menunjukkan genangan air di terowongan Mina, sehingga menyebabkan penumpukan jemaah. Hal itu disampaikan Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna dalam video yang dikirimkan melalui pesan Whatsapp, Rabu 14 Agustus 2019.

“Kejadian di Mina (genangan) betul adanya. Namun, semua jemaah asal Bandung Barat selamat dan baik-baik saja. Insya Allah hari ini semuanya akan kembali ke maktab. Keluarga dimohon untuk tenang. Ini informasi yang harus disebarkan kepada seluruh masyarakat,” ujar Umbara.

Dia juga berpesan agar masyarakat khususnya di Kabupaten Bandung Barat tidak terprovokasi dengan video yang beredar yang seolah-olah terjadi banjir besar di Mina. Sebab kondisi sebenarnya, hanya terjadi genangan air akibat guyuran hujan deras yang terjadi pada Senin 12 Agustus 2019 sore waktu setempat.

Dalam video tersebut, Umbara juga berpesan agar masyarakat Bandung Barat mendoakan keselamatan para Jemaah serta bias menjalankan ibadah haji sampai selesai. “Doakan agar semua Jemaah menjadi haji yang mabrur dan mabruroh,” tuturnya.

Seperti diketahui, baru-baru ini beredar video viral di mana terlihat jemaah berbondong-bondong berjalan melewati air setinggi hampir selutut orang dewasa. Video ini dibagikan dengan narasi bahwa tengah terjadi banjir di Mina.

Hal itu terjadi saat kawasan tersebut diguyur hujan deras, sehingga menyebabkan banjir sesaat di beberapa titik di Mina, termasuk terowongan Muashim. Namun, kejadian itu tidak memakan korban jiwa dan jemaah dari Indonesia dipastikan dalam keadaan baik.

Dari Bandung Barat, tahun ini ada 1.129 jemaah haji yang terbagi ke dalam 3 kloter, yakni Kloter 56, 66, dan 93. Pada musim haji, Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna juga turut melaksanakan ibadah haji. Namun, Bupati tidak ikut dalam kloter asal Bandung Barat melainkan berangkat dengan jalur lain.***

Bagikan: