Pikiran Rakyat
USD Jual 14.031,00 Beli 14.129,00 | Sebagian berawan, 21.6 ° C

Pemusatan Paskibraka Kota Cimahi 2019 Digelar di Pusdikhub

Ririn Nur Febriani
SEBANYAK 36 putera puteri terpilih Kota Cimahi menjalani masa karantina dan pemusatan sebagai Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Cimahi mulai Rabu, 14 Agustus 2019. Mereka lolos dari hasil seleksi dan bakal menjalani pelatihan dan pendidikan dengan kedisiplinan dan semangat kebangsaan.*/RIRIN NF/PR
SEBANYAK 36 putera puteri terpilih Kota Cimahi menjalani masa karantina dan pemusatan sebagai Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Cimahi mulai Rabu, 14 Agustus 2019. Mereka lolos dari hasil seleksi dan bakal menjalani pelatihan dan pendidikan dengan kedisiplinan dan semangat kebangsaan.*/RIRIN NF/PR

 

CIMAHI, (PR).- Jelang peringatan HUT RI Ke-74 tahun 2019, Sebanyak 36 putera puteri terpilih Kota Cimahi menjalani masa karantina dan pemusatan sebagai Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Cimahi. Mereka lolos dari hasil seleksi dan bakal menjalani pelatihan dan pendidikan dengan kedisiplinan dan semangat kebangsaan.

Pendidikan dan pelatihan Paskibraka Kota Cimahi 2019 digelar di markas Pusat Pendidikan Perhubungan (Pusdikhub) Jalan Sudirman Kota Cimahi. Kegiatan berlangsung 9 hari mulai 8-18 Agustus 2019 dengan didampingi pelatih dari TNI-Polri dan Purna Paskibraka Indonesia (PPI).

Kabid Pemuda dan Olahraga Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Cimahi Dessy Setiawati mengatakan, para paskibraka Kota Cimahi 2019 merupakan hasil seleksi yang dilakukan beberapa bulan lalu. "Mereka sudah melakukan latihan luar selama 3 bulan. Sebetulnya yang lolos 37 orang, satu orang menjadi wakil Cimahi untuk Paskibraka Prov. Jawa Barat," ujarnya, Rabu, 14 Agustus 2019.

Kegiatan pemusatan paskibraka Kota Cimahi 2019 bekerjasama dengan Pusdikhub. "Setiap tahun Pemkot Cimahi bekerjasama dengan jajaran pusdik yang ada di Kota Cimahi untuk pelatihan paskibraka. Terutama, agar mereka mendapat pendidikan kedisiplinan dan cinta tanah air. Alhamdulillah bersyukur dan berterimakasih atas dukungan pihak TNI-Polri. Demikian juga kepada orangtua dan kepala sekolah yang memberi izin bagi putra putrinya guna mengikuti pemusatan latihan ini," katanya.

Paskibraka tidak bisa dipisahkan dari peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Negara Republik Indonesia sebagai momentum sejarah diperingati seluruh bangsa Indonesia. Setiap hari, para paskibraka mengikuti latihan rutin pagi dan sore hari. Mereka juga berlatih dengan prajurit Yon Armed 4 Dam III/Siliwangi sebagai tim 45.
"Rutin berlatih langsung dengan tim 45 dari Yon Armed. Pada pelaksanaan upacara HUT RI nanti juga bersamaan dengan tim 45 tersebut," jelasnya.

Selain latihan rutin, para paskibraka juga mendapat sesi pembinaan. Mulai dari Wali Kota Cimahi, Wakil Wali Kota Cimahi, pimpinan Pusdikhub, termasuk instansi dan organisasi. Harapannya, pemahaman mereka bertambah untuk memberi kontribusi terbaik bagi bangsa dan negara.

"Pemusatan diarahkan guna menumbuhkan dan memantapkan nilai-nilai kebangsaan, persatuan dan kesatuan, cinta tanah air, serta rela berkorban untuk bangsa dan negara. Mereka juga dibekali soal bahaya narkoba hingga materi soal organisasi," ucapnya.

Dengan pemusatan latihan paskibraka Kota Cimahi 2019 tersebut, lanjut Dessy, semangat kebangsaan dan patriotisme semakin tumbuh di kalangan generasi muda.  "Karenanya, paskibraka bisa menjadi teladan bagi generasi muda lainnya bagaimana mengisi kemerdekaan dengan kegiatan positif," tuturnya.

Setelah pemusatan, akan dilakukan pengukuhan sebagai Paskibraka Kota Cimahi 2019 sebelum pelaksanaan pengibaran maupun penurunan bendera merah putih. Pelaksanaan upacara HUT RI Ke-74 tahun tingkat Kota Cimahi akan berlangsung di Lapangan Rajawali Jalan Sudirman Kota Cimahi 17 Agustus 2019 mendatang.***

Bagikan: