Pikiran Rakyat
USD Jual 14.095,00 Beli 14.193,00 | Langit umumnya cerah, 20.3 ° C

Mahasiswa Unjuk Rasa di Kantor KPU Jabar

Mochammad Iqbal Maulud
PULUHAN mahasiswa dari Gerakan Pemuda Mahasiswa Jawa Barat saat berunjuk rasa di  Kantor KPU Jabar Jalan Garut, Kota Bandung, Rabu 14 Agustus 2019. Mereka meminta anggota dewan terpilih dan keluarganya bebas kasus hukum dan korupsi. */ MOCHAMAD IQBAL MAULUD
PULUHAN mahasiswa dari Gerakan Pemuda Mahasiswa Jawa Barat saat berunjuk rasa di Kantor KPU Jabar Jalan Garut, Kota Bandung, Rabu 14 Agustus 2019. Mereka meminta anggota dewan terpilih dan keluarganya bebas kasus hukum dan korupsi. */ MOCHAMAD IQBAL MAULUD

BANDUNG, (PR).- Kantor KPU Jawa Barat didatangi puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Pemuda Mahasiswa Jawa Barat (GPMJB).  Mereka menggelar unjuk rasa damai di Sekretariat KPU yang berada di Jalan Garut, Kota Bandung,  Rabu 14 Agustus 2019.

Kedatangan puluhan mahasiswa ini menuntut anggota dewan yang baru saja terpilih agar terbebas dari korupsi. Massa pun meminta KPU  melakukan verifikasi sebelum mengesahkan anggota DPRD Jabar terpilih agar semua anggota DPRD Jabar terbebas persoalan hukum.

"Para anggota dewan yang disahkan harus benar-benar bersih secara utuh. Jadi tak hanya dirinya sendiri namun juga keluarga harus terbebas dari tindak pidana korupsi maupun masalah hukum lainnya," kata koordinator aksi lapangan Ogi di sela-sela unjuk rasa damai tersebut.

Menurut Ogi, GPMJB mengindikasi adanya calon anggota dewan maupun keluarganya yang terlibat tindak pidana korupsi tersebut. "Maka itu, seperti yang saya sebutkan tadi anggota dewan terpilih harus terverifikasi dan benar-benar bebas dari persoalan korupsi ataupun masalah hukum," ucapnya.

Ogi juga menjelaskan ada salah seorang  yang terpilih menjadi  anggota dewan yang salah seorang keluarganya terindikasi korupsi. Disinggung mengenai partainya, menurut dia adalah salah satu partai pemenang di Jawa Barat.

Pada kesempatan tersebut  massa ini membawa spanduk berisikan tuntutan-tuntuan agar DPRD Jabar bersih dari korupsi. Unjuk rasa tersebut pun menjadi perhatian masyarakat yang melewati Jalan Laswi, Kota Bandung.

Seperti diketahui, KPU Jabar segera mengesahkan anggota DPRD Jabar dalam beberapa hari ke depan. Tentunya pengesahan tersebut harus melalui proses verifikasi dengan fit and proper test.

Ratusan anggota kepolisian dari Polrestabes Bandung dan Polda Jabar berjaga di sekitar lokasi. Bahkan warga pun tidak bisa bebas keluar masuk  KPU. Mereka yang bisa masuk ini adalah yang memiliki ID khusus.

Meski dijaga ketat, aksi berjalan dengan damai. Kepolisian dan para staf Dinas Perhubungan yang berada di lokasi hanya mengatur arus lalu lintas di sekitar kantor penyelenggara pemilihan umum itu. Usai menyerukan tuntutan mereka, massa langsung membubarkan diri. ***

Bagikan: