Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Sebagian berawan, 23 ° C

Dr Aqua Dwipayana Memotivasi Karyawan Pikiran Rakyat

Erwin Kustiman
null
null

BANDUNG, (PR).- Pakar komunikasi dan motivator internasional Dr Aqua Dwipayana menegaskan setiap karyawan terutama di bagian terdepan (frontliner) yang bertemu langsung dengan klien, harus dapat menjadi representasi autentik dari perusahaan. Apalagi bagi perusahaan media sekelas Pikiran Rakyat yang sudah menjadi bagian integral dalam kehidupan masyarakat Jawa Barat.

Penulis buku super best seller "The Power of Silaturahim-Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi"itu menyampaikan demikian pada sesi Sharing Komunikasi dan Motivasi di hadapan karyawan di bagian pemasaran serta unsur pimpinan lainnya di Aula Pikiran Rakyat Jalan Asia Afrika 77 Kota Bandung, Rabu (14/08/2019).  

Hadir pada acara tersebut Direktur Bisnis Pikiran Rakyat Januar P Ruswita serta Direktur Operasiona Kartono Sarkim. Sebelumnya,  Aqua menghadiri  sidang promosi doktoral Irjen Pol Boy Rafli Amar dan Mayjen TNI Agung Risdhianto di Kampus Fikom Unpad Jatinangor, Sumedang dengan promotor Prof Deddy Mulyana, PhD.

Sore harinya ia memotivasi karyawan Pikiran Rakyat selama lebih dari tiga jam.
“Membangun tim kerja yang solid dan efektif adalah kemestian dalam situasi krisis yang menghinggapi industri media saat ini. Semua itu bermula dari komunikasi yang efektif dan inti dari semua itu adalah keikhlasan dan hati yang bersih,” kata Aqua Dwipayana.

Ia mengutip pernyataan dari Helen Keller bahwa betapa sedikit pekerjaa yang bisa dikerjakan sendirian tapi begitu banyak hal yang bisa dilakukan bersama-sama. “Komunikasi positif harus dijalin di semua bagian dan di semua level organisasi.  Bersama-sama adalah sebuah awal, menjaga kebersamaan adalah sebuah perkembangan dan bekerja bersama adalah sebuah kesuksesan,” ujar Aqua menguraikan.

Doktor komunikasi dari Fikom Universitas Padjadjaran ini mengatakan akan terasa percuma ketika seseorang memiliki kecerdasan ataupun kepintaran, namun komunikasi yang dilakukan tidak baik.  Untuk itu ada  lima kunci utama dalam meningkatkan kemampuan komunikasi yang diakronimkan menjadi REACH yakni Respect, Empathy, Audible, Clarity, dan Humble.Lima sikap tersebut bisa digunakan untuk mengajak orang melaksanakan apa yang kita inginkan apabila didasari dengan hati yang tulus dan melihat manusia dengan setara. Hal penting lain yang disinggung Aqua adalah betapa dahsyatnya dampak dari silaturahim.

Ia bahkan hampir setiap hari selama belasan tahun bersilaturahim dengan berbagai orang di Indonesia maupun puluhan negara tanpa memandang suku, agama, asal-usul, dan jabatan. “Semuanya insya Allah saya laksanakan tanpa pamrih, penuh ketulusan, dan secara universal dengan menghargai manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan. Dari bersilaturahim, saya akrab dengan banyak orang. Keakraban ini yang memberikan banyak jalan dan kemudahan pada setiap masalah,” ucapnya.

Ia menjelaskan dirinya  tidak sekedar memaknai “silaturahim” dalam bingkai tulisan karena mempraktikkannya secara konsisten dalam keseharian hidupnya. "Saya berupaya untuk konsisten bersilaturahim sejak puluhan tahun lalu. Meski sekarang kita berada dalam dunia dengan kemajuan era teknologi komunikasi, ada WA-BBM dan media sosial lainnya, saya tetap meniatkan diri mendatangi satu per satu kolega di berbagai wilayah, dalam dan luar negeri, untuk bisa bertatap muka," ungkapnya.

Kartono Sarkim menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas kesediaan Aqua Dwipayana menyampaikan materi sharing komunikasi dan motivasi kepada karyawan di lingkungan Pikiran Rakyat. "Apa yang disampaikan selaras dengan tantangan yang tengah kita hadapi yakni dinamika industri media yang perubahannya begitu drastis dan sangat cepat. Hal ini membutuhkan antisipasi dan kerja keras luar biasa dari seluruh komponen perusahaan agar dapat segera bangkit dan keluar dari situasi krisis yang juga dialami perusahaan-perusahaan media saat ini," ujarnya.***

 

 

 

 

Bagikan: