Pikiran Rakyat
USD Jual 14.012,00 Beli 14.110,00 | Umumnya berawan, 20.7 ° C

Ridwan Kamil Imbau Pembagian Daging Kurban dengan Besek atau Daun Jati

Novianti Nurulliah
GUBERNUR Jawa Barat Ridwan Kamil saat meninjau penyembelihan hewan kurban di Masjid Raya Provinsi Jawa Barat, Kota Bandung, Minggu, 10 Agustus 2019.*/HUMAS PEMPROV JABAR
GUBERNUR Jawa Barat Ridwan Kamil saat meninjau penyembelihan hewan kurban di Masjid Raya Provinsi Jawa Barat, Kota Bandung, Minggu, 10 Agustus 2019.*/HUMAS PEMPROV JABAR

BANDUNG, (PR).- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengimbau agar pembagian daging hewan kurban tidak menggunakan kantong plastik. Ridwan menyarankan warga mengemas daging kurban dengan besek bambu atau daun jati supaya ramah lingkungan. 

Untuk diketahui, Pemprov Jabar sudah memberikan surat edaran kepada 27 kota/kabupaten untuk mulai mengurangi penggunaan plastik dalam mengemas daging kurban. 

Pada Idul Adha tahun ini, Ridwan menitipkan hewan kurban pada panitia Masjid Raya Jabar. Pihak Masjid Raya Jabar akan menyembelih 10 sapi dan 12 kambing. Dua sapi diantaranya merupakan titipan Ridwan Kamil dan Presiden Joko Widodo.

Adapun berat sapi titipan Ridwan Kamil seberat 652 kilogram, sedangkan berat sapi titipan Jokowi mencapai 950 kilogram. Nantinya, daging hewan kurban tersebut dikemas dengan besek bambu.

"Sudah saya sampaikan di saat kita melepas dokter-dokter dan tenaga kesehatan hewan itu, juga disampaikan agar memotongnya bisa pakai cara tradisional yang ramah lingkungan, suistanable, bisa pakai besek berbahan dasar bambu atau bisa pakai daun jati seperti di kampung-kampung. Mudah-mudahan dua itu kita populerkan lagi dalam waktu-waktu mendatang, sehingga semangat mengurangi sampah plastik di Jawa Barat harus juara dan sekaligus menjaga lingkungan, " ujar dia saat meninjau penyembelihan hewan kurban di Masjid Raya Provinsi Jawa Barat, Kota Bandung, Minggu 10 Agustus 2019.

Rdwan Kamil berharap, Idul Adha dapat menjadi momentum untuk meningkatkan ketakwaan dan semangat pengorbanan. Selain itu, berdasarkan laporan yang dia terima, jumlah orang yang berkurban di Jabar terus meningkat setiap tahunnya. Hal tersebut menandakan bahwa kesejahteraan masyarakat di Jabar meningkat.

"Menandakan kita ingin berbagi di momen Idul Kurban kepada masyarakat Jawa Barat. Tidak hanya dibagikan di mustahiq di daerah sekitar masjid, atau kota Bandung saja, tapi juga ke pelosok- pelosok," katanya.

Sementara itu,  Ridwan mengaku sejauh ini belum ditemukan masalah kesehatan hewan kurban. Artinya, kata dia, Idul Adha 1440 Hijriah/2019 berjalan dengan baik. 

"Kesehatan hewan juga yang lintas provinsi terjaga, dan saya mengimbau saja, kalau boleh pembagian daging kurban tidak dengan kantong plastik," ucap dia. 

Pihak Masjid Raya sudah ikuti arahan gubernur. Sekitar 2.000  besek dari bambu akan dijadikan wadah untuk bagikan kurban.***

Bagikan: