Pikiran Rakyat
USD Jual 14.031,00 Beli 14.129,00 | Sebagian berawan, 20.1 ° C

Aliran Listrik di Cimahi dan Cililin Akan Padam Lagi Sekitar Tujuh Jam

Vebertina Manihuruk
ILUSTRASI.*/CANVA
ILUSTRASI.*/CANVA

BANDUNG, (PR).- Setelah pemadaman listrik massal di tiga provinsi pada Minggu, 4 Agustus 2019, beberapa wilayah masih harus mengalami pemadaman hari ini, Rabu, 7 Agustus 2019. Pemadaman listrik oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN) akan terjadi di wilayah layanan pelanggan Cimahi dan Cililin.

Dalam selebaran digital yang diterima “PR” Rabu pagi, PLN mengatakan akan ada pemelihataan jaringan listrik. Namun, akibatnya, beberapa wilayah akan mengalami listrik padam mulai 09.00-16.00 WIB.

Alasan yang tertuang dalam selebaran itu adalah karena adanya pekerjaan pemeliharaan pada jaringan listrik untuk meningkatkan keandalan pasokan tenaga listrik. Karena itulah, pemadaman listrik sementara pun akan dilakukan.

“Pukul 09.00-16.00 WIB, sebagian wilayah Lagadar, Selacau, BBS, Cipatik, dan sekitarnya,” seperti dinyatakan dalam selebaran digital itu.

PLN pun mengimbau supaya masyarakat bersiap-siap mengantisipasi hal tersebut. PLN pun menyatakan permohonan maafnya aatas ketidaknyamanan yang dialami masyarakat pelanggan PLN.

Seperti diketahui, pada Minggu, 4 Agustus 2019, masyarakat sudah mengalami pemadaman. Bahkan, hal itu dialami seluruh masyarakat di Jabodetabek, sebagian Jawa Barat, dan Jawa Tengah.

Saat itu, Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN, I Made Suprateka, mengatakan, daerah Jawa bagian barat hingga tengah mengalami padam listrik akibat gangguan yang terjadi pada sisi transmisi ungaran dan pemalang 500 kV. Kejadian tersebut berdampak pada lumpuhnya aktivitas masyarakat.

Menurut Made, gangguan transmisi itu mengakibatkan transfer energi dari timur ke barat mengalami kegagalan. Hal itu diikuti trip (mati) seluruh pembangkit di sisi tengah dan barat Jawa. 

Made mengatakan, gangguan pada Transmisi SUTET 500 kV juga mengakibatkan padamnya sejumlah  Area Jawa Barat. "Kondisi tersebut mengakibatkan aliran listrik di Jabodetabek, sebagian jawa barat dan jawa tengah mengalami pemadaman,"ujarnya melalui keterangan tertulis, Minggu, 4 Agustus 2019.

Pada Senin, 5 Agustus 2019, beberapa masyarakat konsumen PLN juga masih mengalami pemadaman bergilir. Alasannya, system kelistrikannya saat itu belum kembali normal akibat kejadian sehari sebelumnya.***

Bagikan: