Pikiran Rakyat
USD Jual 13.896,00 Beli 13.994,00 | Sebagian berawan, 18.8 ° C

BPBD Pastikan Abu Vulkanik Gunung Tangkubanperahu Tak Terlihat di Cimahi

Ririn Nur Febriani
SEORANG jurnalis memotret aktivitas kegempaan di alat seismograf yang terdapat di Pos Pengamatan Gunungapi Tangkubanparahu, Subang, Jumat, 26 Juli 2019.*/HENDRO SUSILO HUSODO/PR
SEORANG jurnalis memotret aktivitas kegempaan di alat seismograf yang terdapat di Pos Pengamatan Gunungapi Tangkubanparahu, Subang, Jumat, 26 Juli 2019.*/HENDRO SUSILO HUSODO/PR

CIMAHI, (PR).- BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Cimahi memastikan abu vulkanik erupsi Gunung Tangkubanparahu yang masuk ke kawasan Cimahi Utara tidak terlihat, Jumat 26 Juli 2019. Masyarakat diminta tenang, tetapi tetap waspada dan menunggu keterangan lembaga resmi yang berwenang.

Hal itu diungkapkan Kepala Pelaksana BPBD Cimahi Nanang, Jumat 26 Juli 2019 petang. "Petugas BPBD memantau adanya informasi abu sudah masuk Cimahi ke daerah perbatasan Cimahi Utara terutama Alam Wisata Cimahi. Hasil pemantauan langsung, tidak terlihat," ujarnya.

Menurut Nanang, kondisi terbangnya abu vulkanik Gunung Tangkubanparahu dimungkinkan mengingat jarak ke Cimahi dekat. "Jarak Gunung Tangkubanparahu ke Cipageran, Cimahi berkisar 11.48 km," katanya.

BOBD Cimahi menyatakan siaga. "Semua personel siap siaga di kantor menyikapi erupsi Gunung Tangkubanparahu. Sejauh ini, kondisi Cimahi relatif masih aman," ujarnya.

Dia meminta masyarakat tetap waspada dan mencari informasi melalui sumber yang valid dan berkompeten. "Sejauh ini, BPBD belum menyampaikan imbauan langsung kepada masyarakat Cimahi karena kondusif. Tetap siaga, tunggu informasi resmi dari lembaga berwenang dan jangan termakan hoaks," tuturnya.

Emir Faisal, Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Cimahi mengatakan, Satgas BPBD Cimahi sudah menuju lokasi.

"Sudah meluncur ke lokasi. Hasil pantauan dicek langsung lapangan, Alhamdulillah, tidak ada dampak debu. Kami lakukan pengecekan pukul 19.00, kalau untuk waktu sore, kami tidak bisa pastikan," ujarnya.

Dia mempersilahkan masyarakat Cimahi melakukan kegiatan seperti biasa. "Silahkan, beraktifitas tetapi tetap waspada terhadap berbagai kondisi dan situasi," tuturnya.***

Bagikan: