Pikiran Rakyat
USD Jual 14.014,00 Beli 14.112,00 | Langit umumnya cerah, 18.5 ° C

Areal Kantor Pemda Akan Dilengkapi Ruang Publik dan Arena Olah Raga

Cecep Wijaya Sari
null
null

NGAMPRAH, (PR).- Areal Kantor Pemerintah Kabupaten Bandung Barat akan dilengkapi berbagai fasilitas publik dan arena olah raga. Saat ini, sebagian pembangunan tersebut juga tengah berjalan dan ditargetkan selesai pada akhir 2019.

"Saya ingin di areal perkantoran ini banyak fasilitas untuk masyarakat. Selain sebagai tempat publik, lahan itu nantinya juga bisa menjadi areal resapan," ujar Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna seusai apel pagi di Kantor Pemkab, Ngamprah, Senin, 22 Juli 2019.

Dia mengungkapkan, areal perkantoran ini juga akan dilengkapi dengan berbagai arena olah raga, seperti lapangan badminton, futsal, voli, hingga skatepark. Dengan hadirnya berbagai fasilitas publik, ia berharap agar indeks kebahagiaan masyarakatnya terus meningkat.

Meski demikian, ia pun berjanji untuk tetap memperhatikan pembangunan lainnya, seperti infrastruktur di bidang kesehatan, pendidikan, dan ekonomi. "Pembangunan fasilitas publik di areal kantor Pemda dan pembangunan lainnya harus tetap berjalan dan saya harap semuanya lancar," katanya.

Seperti diketahui, pembangunan plasa atau ruang publik di Komplek Perkantoran Pemkab Bandung Barat kini tengah dalam proses pengerjaan. Pembangunan tersebut sudah menelan anggaran sekitar Rp 10 miliar. Sementara, kebutuhan untuk menuntaskan plasa sesuai dengan Detail Engineering Design (DED) mencapai Rp 30 miliar.

Pada tahun ini pemerintah daerah juga kembali mengalokasikan anggaran sebesar Rp 3 miliar yang difokuskan pada penataan area parkir dan pembangunan plasa utama (pintu masuk). Targetnya, pembangunan plasa utama bisa selesai tahun ini.

Kepala Bidang Penataan Bangunan Gedung, Permukiman, dan Jasa Konstruksi pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang KBB, Yoga Rukma Gandara mengatakan, pihaknya telah menyiapkan tempat bermain anak serta menata areal khusus untuk olah raga. Hal itu untuk memfasilitasi keinginan masyarakat dalam penyediaan sarana olah raga.

“Bukan hanya tempat main atau hiburan semata, tapi kami juga siapkan sarana olah raga. Bahkan satu plasa juga akan disiapkan untuk kegiatan berbagai event dan pameran,” ujarnya.

Dia menambahkan, akhir tahun lalu, Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna sempat meninjau lokasi plasa 1,2 dan 3. Bupati mengapresiasi rencana pembangunan area publik ini, namun ada beberapa hal yang harus ditinjau kembali. 

"Intinya, Pak Bupati ingin areal parkir lebih diperluas karena sebelumnya parkir tidak terlalu luas. Itu yang akan kami perbaiki supaya ketika masyarakat datang bisa memarkirkan kendaraannya dengan nyaman dan aman," katanya.***

Bagikan: