Pikiran Rakyat
USD Jual 14.282,00 Beli 14.184,00 | Cerah, 23.4 ° C

Manajer Persib Bandung Jelaskan Kalkulasi Anggaran Pengelolaan Stadion GBLA

Tim Pikiran Rakyat
STADION GBLA di Gedebage, Kota Bandung/ARIF HIDAYAH/PR
STADION GBLA di Gedebage, Kota Bandung/ARIF HIDAYAH/PR

BANDUNG, (PR).- Manajer Persib Bandung Umuh Muchtar mengatakan, PT Persib Bandung Bermartabat (PT PBB) siap menggunakan stadion GBLA (Gelora Bandung Lautan Api). PT PBB telah melakukan sejumlah pembicaraan dengan Pemkot Kota Bandung terkait pengelolaan stadion.

Akan tetapi, PT PBB masih menunggu kejelasan berapa biaya yang harus dibayarkan kepada Pemkot Bandung jika hendak memakai dan mengelola Stadion GBLA.

"Karena nanti Stadion GBLA disewakan. Misalnya begini, untuk satu pertandingan kami bayar Rp 60 juta. Kalau 17 kali pertandingan (semusim kompetisi) anggaplah kami bayar Rp 70 per pertandingan. Artinya, sekira Rp 1,2 miliar (semusim), itu Pemkot masih rugi. Ruginya karena pemeliharaan Stadion GBLA saja sudah Rp 150 juta sebulan," ujar Umuh Muchtar dalam wawancara yang disiarkan Radio PRFM, Sabtu 20 Juli 2019 malam.

STADION GBLA di Gedebage, Kota Bandung/ANTARA

Tak hanya meunggu rincian biaya, PT PBB juga masih menunggu penyelesaian masalah antara Pemkot Bandung dengan pengembang Stadion GBLA.

Umuh Muchtar Mengatakan, PT PBB sangat siap meringankan beban Pemkot Bandung dalam hal pemeliharaan Stadion GBLA.

"Kami sudah lakukan pembicaraan. Masih ada tahapan-tahapan yang harus diselesaikan antara Pemkot Bandung dengan pengembang. Kalau sudah jelas aspek hukumnya, kami akan segera tindak lanjuti. PT PBB siap menyulap GBLA," ujarnya.

Dilirik PSSI

Sementara itu, PSSI telah mengajukan tawaran resmi kepada FIFA untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Bahkan, situs resmi FIFA telah mengumumkan 8 negara yang tertarik menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021, salah satunya Indonesia.

Salah satu stadion yang nantinya bakal menghelat laga Piala Dunia U-20 adalah GBLA. Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, Pemkot Bandung sudah memulai persiapan bila Stadion GBLA ditunjuk sebagai arena.

"Kami akan mendorong Jasa Marga membuka pintu tol KM 149. Kalau bisa dibuka, akan menjadi akses yang mudah," ujarnya.

Tak hanya itu, Pemkot Bandung juga bakal menambah sejumlah infrastruktur di Gedebage. Namun, Yana Mulyana tak menyebutkan infrastruktur seperti apa yang akan dibangun.

"Kami persiapkan infrastruktur lain dan kami dorong juga kalau ini bisa digunakan klub. Sehingga, bisa jadi daya tarik orang berinvestasi di daerah ini," ujarnya.***

Bagikan: