Pikiran Rakyat
USD Jual 14.279,00 Beli 14.181,00 | Sebagian berawan, 18.4 ° C

Ribuan Siswa Ikut Kompetisi Sains Madrasah

Sarnapi
ILUSTRASI.*/CANVA
ILUSTRASI.*/CANVA

SOREANG, (PR).- Sebanyak 1.635 siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) se-kabupaten Bandung mengikuti Kompetensi Sains Madrasah (KSM) di MAN 1 Bandung, Sabtu, 20 Juli 2019. Kompetisi untuk memilih siswa berprestasi untuk ikut dalam lomba tingkat Jawa Barat, di Kabupaten Cianjur pada 15 Agustus 2019 mendatang.

"Untuk siswa MI yang maju ke tingkat Jawa Barat sebanyak enam orang, siswa MTs sembilan orang, dan MA sebanyak 18 orang," ujar Kepala Kemenag Kabupaten Bandung, Asep Ismail.

Tiap madrasah mengirimkan dua siswanya untuk mengikuti lomba yang berlangsung selama sehari. "Penilaian dengan lembar jawaban komputer sehingga hasilnya bisa cepat diketahui. Bisa saja nantinya dengan memakai komputer layaknya Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)," katanya.

Lebih jauh Asep mengatakan, untuk cabang lomba di tingkat MI ada dua yakni  Matematika integrasi PAI dan IPA integrasi PAI. "Sedangkan cabang lomba di MTs dengan cabang lomba IPA, Matematika, dan IPS yang integrasi dengan PAI. Untuk cabang lomba MA yaitu Matematika, Kimia, Fisika, Biologi, Geografi, dan Ekonomi yang juga teringrasi dengan PAI," ucapnya.

Lomba mata pelajaran yang terintegrasi dengan Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan ciri khas dari madrasah di lingkungan Kemenag. "KSM ini diadakan dengan dana gorong-royong dari semua madrasah dibantu dengan penilaian soal dari Lembaga Pengembangan Pendidikan Salman ITB dan Mulia Insan Cemerlang," katanya.***

Bagikan: