Pikiran Rakyat
USD Jual 14.282,00 Beli 14.184,00 | Umumnya cerah, 18.2 ° C

Setya Novanto Sudah Kembali dari Lapas Gunung Sindur ke Sukamiskin Bandung

Mochammad Iqbal Maulud
KALAPAS Sukamiskin Tejo Harwanto diwawancarai, Selasa 16 Juli 2019, terkait kembalinya narapidana korupsi Setya Novanto ke Lapas Sukamiskin, Kota Bandung.*/MOCHAMAD IQBAL MAULUD/PR
KALAPAS Sukamiskin Tejo Harwanto diwawancarai, Selasa 16 Juli 2019, terkait kembalinya narapidana korupsi Setya Novanto ke Lapas Sukamiskin, Kota Bandung.*/MOCHAMAD IQBAL MAULUD/PR

BANDUNG, (PR).- Akibat keluyuran keluar penjara, Narapidana Korupsi Setya Novanto sempat dipindahkan ke penjara Gunung Sindur Bogor beberapa waktu lalu. Namun, Setya Novanto telah kembali ke lapas kelas I Sukamiskin sejak Minggu 14 Juli‎ 2019.

Hal itu dibenarkan Kepala Lapas Sukamiskin Tejo Harwanto saat ditemui di Lapas Sukamiskin, Jalan AH Nasution, Kota Bandung, Selasa 14 Juli 2019.

Menurut Tejo, pemindahan Setya Novanto ke Lapas Sukamiskin dilakukan berdasarkan surat keputusan Kakanwil Kemenkumham Jawa Barat.

"Dalam surat tersebut disebutkan bahwa yang bersangkutan dipindahkan dari Lapas Gunung Sindur ke Lapas Sukamiskin dengan beberapa pertimbangan," ucapnya.

Pertimbangan yang dimaksud adalah pertimbangan secara administratif dan substantif. Setya Novanto, kata Tejo, telah menunjukan itikad baik dan menunjukan perubahan sikap.

"Selama di rutan Gunung Sindur, yang bersangkutan menunjukkan perilaku yang baik. Perilaku yang baik itu sudah dinilai oleh pemantau yang berasal dari Bapas Bogor. Sehingga, yang bersangkutan bisa dipindahkan ke Lapas Sukamiskin lagi," ucapnya.

SETYA Novanto tertangkap kamera berada di toko bangunan di Padalarang, Bandung Barat/DOK. PR

Setya Novanto, ujar Tejo, sudah berjanji untuk tidak mengulangi perbuatannya keluyuran tanpa pengawalan seperti yang dilakukannya di Kabupaten Bandung Barat‎ beberapa waktu lalu.

"Jadi, yang lalu kan kesalahannya adalah tanpa pengawalan, besok-besok, dia berjanji akan berubah," katanya.

Selama 2 hari di Lapas Sukamiskin sejak Minggu 14 Juli 2019, Setya Novanto, kata Tejo, hanya beraktivitas salat di masjid dan langsung kembali ke kamar. Kamar yang dihuninya adalah kamar yang sebelumnya dia huni sebelum ditinggalkan menuju Lapas Gunung Sindur.

"‎Pak Setya Novanto ini bukanlah penghuni baru, saat kemarin tepergok pelesiran di KBB, saya minta agar yang bersangkutan diisolasi. Hal itu sudah dilakukan di Gunung Sindur, selama 6 hari tak boleh ada seorang pun yang mengunjunginya," ucapnya.***

Bagikan: