Pikiran Rakyat
USD Jual 14.068,00 Beli 13.768,00 | Sebagian berawan, 24.9 ° C

Bangunan Pasar Kosambi Dinyatakan Layak hingga 10 Tahun Mendatang

Siska Nirmala
SEJUMLAH petugas memasang garis polisi di lokasi Pasar Kosambi pasca kebakaran di Jalan Jenderal Ahmad yani, Kota Bandung, Senin, 20 Mei 2019 lalu.*/ARIF HIDAYAH/PR
SEJUMLAH petugas memasang garis polisi di lokasi Pasar Kosambi pasca kebakaran di Jalan Jenderal Ahmad yani, Kota Bandung, Senin, 20 Mei 2019 lalu.*/ARIF HIDAYAH/PR

BANDUNG, (PR).- Pejabat Sementara (Pjs) Direktur Utama PD Pasar Bermartabat Andri Salman mengatakan, audit terhadap Pasar Kosambi telah rampung dilakukan. Hasilnya, uji struktur bangunan Pasar Kosambi dinyatakan layak untuk aktivitas masyarakat hingga 10 tahun mendatang.

"Hasil kajian akademis ini, dapat dipertanggungjawabkan. Kami akan laporkan kepada pimpinan, bahwa hasil audit struktur bangunan itu bisa dua kemungkinan kebijakannya. Yakni, bisa kita gunakan kembali Pasar Kosambi dengan anggaran perusahaan, kita perbaiki dan rehab semuanya lalu diaktifkan kembali. Atau, kita mengundang investor untuk melakukan revitalisasi pasar," tutur Andri saat On Air di Radio PRFM 107,5 News Channel, dilansir dari PRFMnews, Minggu, 14 Juli 2019.

Andri menjelaskan, Pasar Kosambi dapat kembali digunakan para pedagang dan konsumen dalam beberapa pekan ke depan. Pihak PD Pasar Bermartabat kini tengah membenahi area semi basement yang terbakar pada pertengahan Mei lalu.

"Saat ini kondisi di semi basement sedang dilakukan pembersihan puing-puing reruntuhan. Kemudian bekas-bekas barang terbakar sudah kita bersihkan sedikit demi sedikit dalam dua minggu belakangan. Mudah-mudahan sudah mencapai 80 persen, tinggal sedikit lagi, " ujar Andri.

Ia melanjutkan, area semi basement akan steril dari kios-kios dengan penyimpanan besar. Soalnya, beberapa kios-kios tersebut membangun dinding tambahan sehingga menutup ventilasi udara yang ada di area semi basement. 

"Pekan depan kita lakukan fogging, karena banyak lalat dan sebagainya. Setelah itu, kios-kios di semi basement akan kita bongkar. Kita akan buat pengaturan di situ, lapak-lapak akan nyaman tidak berdesakan. Kios di semi basement akan kita angkat ke lantai 1," tutur Andri.

Seusai fogging, pihak PD Pasar Bermartabat bakal segera memasang intalasi listrik. Dinyatakan Andri, pemasangan jaringan listrik ke tiap lapak akan menjadi atensi khusus pihaknya. 

Kemudian, tiap lapak akan mendapat aliran listrik dengan perangkat yang sesuai SNI dan diawasi langsung oleh PLN.***

Bagikan: