Pikiran Rakyat
USD Jual 14.130,00 Beli 13.830,00 | Sebagian cerah, 27.1 ° C

Rekayasa lalu Lintas Tiga Kawasan di Bandung akan Dimulai Kamis Ini

Muhammad Fikry Mauludy
WAKIL Wali Kota Bandung Yana Mulyana.*/DOK.PR
WAKIL Wali Kota Bandung Yana Mulyana.*/DOK.PR

BANDUNG, (PR).- Pemerintah Kota Bandung bersama Polrestabes Bandung memastikan kesiapan untuk memulai pelaksanaan uji coba rekayasa lalu lintas kawasan Sukajadi-Setiabudi-Cipaganti yang akan digelar Kamis, 11 Juli 2019. Sebanyak 100 rambu telah dipasang dan 200 petugas akan ditempatkan di sejumlah titik untuk memandu para pengendara.

“Tadi sudah dilakukan rapat terakhir, sesuai kesepakatan terhitung besok tanggal 11 akan dilakukan uji coba rekayasa kawasan Sukajadi, Setiabudi, dan Cipaganti. Pelaksanaannya akan dimulai pukul 9.00 WIB, full 24 jam, sampai 18 Juli,” ujar Kasatlantas Polrestabes Bandung AKBP Agung Reza Pratidina, di Balai Kota Bandung, Rabu, 10 Juli 2019.

Reza mengimbau pengendara untuk mulai mengatur kembali pola perjalanan berdasarkan peta jalur baru yang beberapa waktu lalu telah banyak disebar. Di lokasi, ia memastikan sekitar 200 petugas gabungan dari Polrestabes dan Dishub Kota Bandung akan memandu para pengendara hingga terbiasa, termasuk dukungan dari rambu pengarah.

Satlantas Polrestabes Bandung telah menyiagakan 120 personel selama pelaksanaan uji coba ini. Semua personel itu disebar di seluruh titik yang perlu diantisipasi. “Sebanyak 110 personel karena cukup banyak titik yang harus di-plotting. Karena perubahan ini kawasan yang cukup luas, besar. Jadi cukup banyak personel yang diturunkan,” katanya.

Reza mengatakan, petugas akan terus mengamati setiap perubahan dan perkembangan di lapangan selama uji coba sebagai bahan evaluasi. Jika diperlukan, sepanjang uji coba ini dimungkinkan perubahan jalur untuk meningkatkan efektivitas berkendara, terutama di jalan-jalan kecil di sekitar jalan yang direkayasa. “Nanti evaluasinya kita lihat di beberapa titik apa ada perubahan? Misalnya titik mana ada yang harus diubah? Terutama jalan-jalan kecil. Itu nanti akan kita evaluasi,” ucapnya.

Parkir liar

Dalam momentum uji coba rekayasa lalu lintas berskala kawasan itu, Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengingatkan jajarannya untuk mengawasi parkir liar di jalur yang dilintasi. Ia pun telah meminta pihak kepolisian untuk membantu menertibkan pelanggaran tersebut.

Diketahui, parkir liar itu kerap terlihat di sepanjang Jalan Sukajadi dan memberi kontribusi sebagai penyebab kemacetan lalu lintas. Meskipun sudah sering ditertibkan, pengguna jalan masih sulit diingatkan agar menaati aturan lalu lintas.

Pada uji coba rekayasa lalu lintas selama 7 hari penuh itu, Yana ingin agar parkir liar diantisipasi lebih awal. Uji coba ini tidak boleh gagal akibat parkir liar yang timbul karena abainya pengendara pada aturan. “Saya minta pihak kepolisian tolong bantu agar parkir liar ditertibkan. Jangan sampai uji coba ini gagalnya karena itu (parkir liar),” tutur Yana.

Uji coba pengalihan arus skala kawasan itu disebut-sebut sebagai perubahan lalu lintas besar yang pernah dilakukan di Kota Bandung. Rekayasa lalu lintas ini menyentuh jalur utama warga Bandung serta wisatawan. Di sisi lain, perubahan besar ini akan memberikan kontribusi masif bagi solusi kemacetan di Kota Bandung, jika hasilnya baik.

“Saya minta semua pihak konsisten, terutama mengantisipasi jalur-jalur di sekitarnya, banyak jalan limpahan, misalnya Jalan Jurang, Pasar Sederhana, dan lain-lain,” kata Yana.***

 

Bagikan: