Pikiran Rakyat
USD Jual 14.279,00 Beli 14.181,00 | Langit umumnya cerah, 25.9 ° C

Nyaris 2 Tahun Kosong, Sekda Definitif Kota Cimahi Belum Juga Ditetapkan

Ririn Nur Febriani
Logo Kota Cimahi/DOK. PR
Logo Kota Cimahi/DOK. PR

CIMAHI, (PR).- Pemerintah Kota Cimahi masih belum menetapkan Sekretaris Daerah (Sekda) terpilih hasil seleksi terbuka. Kekosongan jabatan hingga nyaris 2 tahun dinilai tidak sehat bagi roda pemerintahan.

Hal itu diungkapkan Pengamat Pemerintahan Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) Arlan Siddha, Rabu, 10 Juli 2019. "Beberapa kali sudah diisi penjabat namun belum ditetapkan sekda definitif selama 2 tahun. Padahal Sekda dalam sebuah pemerintah daerah posisinya sangat strategis," ujarnya. 

Hasil open bidding disebutkan muncul tiga nama untuk menjadi kandidat Sekda definitif Kota Cimahi. Ketiganya yaitu Dikdik Suratno Nugrahawan yang kini menjabat Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Maria Fitriani yang menjabat Staff Ahli Bidang Pemerinhan dan Kesejahteraan Rakyat, serta Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Perpustakaan Kota Cimahi Harjono.

Sejak ditinggal Muhammad Yani tahun lalu karena purna bakti, posisi Sekda diisi oleh Penjabat (Pj). Tercatat, Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna telah melantik empat nama sebagai Pj Sekda untuk mengisi kekosongan Sekda definitif.

Menurut Arlan, Ajay harus segera melantik Sekda definitif. Jika dibiarkan lama kosong, akan mengganggu roda pemerintahan. "Bagaimanapun Pj Sekda memiliki kewenangan terbatas dibandingkan dengan Sekda definitif. Selain itu, adanya Sekda definitif diyakini akan membuat pembangunan di Kota Cimahi akan lebih cepat. Beberapa tugas dan fungsi pemerintah ada pada Sekda definitif sehingga percepatan pembangunan di Cimahi bergerak cepat, termasuk pelayanan publik. Bagaimanapun Sekda adalah top leader dalam birokrasi," jelas Arlan.

Lebih jauh lagi, lanjut Arlan, lamanya proses pemilihan Sekda ini malah akan menimbulkan tanya bagi masyarakat. "Jangan sampai mempertanyakan kenapa di Cimahi belum juga memiliki Sekda definitif," tandasnya.

Terpisah, Pj Sekda Kota Cimahi Ahmad Saefulloh mengatakan, pengumuman dan pelantikan Sekda definitif akan dilaksanakan dalam waktu dekat. "Pelantikannya masih menunggu dari wali kota. Target pelantikan kemungkinan bulan ini, karena sebentar lagi juga sudah selesai masa tugas PJ," ujarnya.

Selain Sekda, jabatan Kepala Dinas Perhubungan serta Kasatpol PP Kota Cimahi juga belum diumumkan hingga saat ini. Proses open bidding dua jabatan tersebut bersamaan dengan seleksi terbuka Sekda Kota Cimahi. "Apakah nanti dilantik bersamaan atau beda tergantung dari wali kota," tuturnya.***

Bagikan: