Pikiran Rakyat
USD Jual 14.031,00 Beli 14.129,00 | Sedikit awan, 23.3 ° C

Jawa Barat jadi Tuan Rumah Hari Lanjut Usia Nasional

Novianti Nurulliah
ILUSTRASI warga lanjut usia (lansia).*/DOK. PR
ILUSTRASI warga lanjut usia (lansia).*/DOK. PR

BANDUNG, (PR), - Jawa Barat menjadi tuan rumah peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-23. Tahun ini, HLUN akan dilaksanakan pada Selasa, 9 Juli 2019, dan Rabu, 10 Juli 2019 di Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat, Jalan Dipati Ukur, Kota Bandung, dengan tema "Lanjut Usia Mandiri, Sejahtera dan Bermartabat".

Sekretaris Dinas Sosial Jawa Barat Barnas Adjidin mengatakan, dalam dua hari rangkaian peringatan HLUN ke-23, pihaknya sudah melakukan kegiatan sejak 1 Juli lalu. Di antaranya Bakti Sosial, dilaksanakan pada tanggal 1-5 Juli 2019.

Bakti Sosial dilakukan kepada rumah sakit dan panti lanjut usia, yaitu Rumah Sakit Panti LU, RSHS Bandung, Veteran LU RI, RSUD Majalaya, Panti LU Tulus Kasih, RSUD Cibabat, Panti LU J. Nasution, RS Al-Ihsan, Panti LU  Jompo Priangan, RS Muhammadiyah, Panti LU Bakti Pertiwi, Panti LU Laksmi, Panti LU Senja Rani, Panti LU Caritas Cimahi, dan Panti LU Budi Pertiwi. 

Panitia juga menggelar seminar, dilaksanakan pada  9 Juli dengan narasumber Gubernur Jawa Barat, PT. Telkom Indonesia, Dokter Gerontologi RSHS dan  Pimpinan Redaksi Pikiran Rakyat. 

"Acara Puncak dilaksanakan pada 10 Juli 2019. Di samping pameran terdapat kegiatan Jalan Sehat yang diikuti oleh 500 lansia, senam lansia, hiburan, penyerahan bantuan, penyerahan penghargaan, dan karnaval," tuturnya. 

Barnas mengatakan, karnaval dilaksanakan pada 10 Juli 2019. Start dari Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat.

Selain itu, pameran juga akan berlangsung pada 9-10 Juli 2019, dibuka oleh Menteri Sosial RI dengan menampilkan hasil karya lansia, pembangunan lansia, demo atraksi lansia, CSR peduli lansia dan aksesibilitas peduli lansia.

Menurut dia, Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) diperingati pada tanggal 29 Mei setiap tahunnya, namun untuk perayaannya dapat disesuaikan. Pada tahun 2019 peringatan HLUN memasuki tahun yang ke-23. Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) dilaksanakan ditingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota dan perwakilan Indonesia di luar negeri yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi setempat.

Barnas pun menambahkan, melalui HLUN 2019 ini pihaknya mengajak masyarakat Indonesia dapat lebih berpartisipasi aktif dalam mewujudkan lanjut usia yang mandiri, yang tidak bergantung kepada orang lain dan dapat menjadi teladan untuk menjunjung tinggi martabat para lanjut usia. ***

Bagikan: