Pikiran Rakyat
USD Jual 14.014,00 Beli 14.112,00 | Langit cerah, 18.3 ° C

Hasil PPDB 2019 Kota Cimahi Ditunda, Masyarakat Waswas

Ririn Nur Febriani
PPDB 2019.*/ANTARA
PPDB 2019.*/ANTARA

CIMAHI, (PR).- Pengumuman hasil seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP Kota Cimahi 2019 dijadwalkan berlangsung pukul 10.00 WIB, Senin, 8 Juli 2019. Namun, pengumuman mendadak ditunda dan dijadwal ulang pukul 14.00 WIB.

Pantauan "PR" di lapangan, banyak warga berkerumun di depan SMP Negeri di Kota Cimahi. Mereka menunggu kepastian pengumuman kelulusan hasil PPDB.

Seperti yang terlihat di depan SMPN 1 Cimahi, Jalan Raden Embang Artawidjaja. Warga terlihat resah ketika mendapat informasi hasil PPDB diundur pukul 14.00 WIB. "Wah bagaimana ini, saya buru-buru buat datang ke sekolah biar enggak telat ternyata diundur," ujar Fita (35).

Dia merasa waswas akan hasil PPDB tersebut. "Makanya dari kemarin enggak karuan, nunggu pengumuman. Kalau lihat website sebelumnya tampaknya aman tapi kan enggak tahu kalau hasil akhir. Ya mudah-mudahan saja lolos," katanya.

Hal serupa diungkapkan seorang warga yang enggan disebut namanya. "Kenapa diundur-undur, saya dengar ada selentingan ini," ucapnya.

Ketua PPDB SMPN 1 Kota Cimahi Edi Mulyadi mengatakan, pihaknya sudah siap menyerahkan surat pengumuman hasil PPDB 2019 kepada masyarakat. "Pada dasarnya kami sudah siap. Namun, menunggu instruksi dari Disdik Kota Cimahi untuk pembukaannya. Dapat informasi diundur sampai pukul 14.00 WIB," ujarnya.

WARGA berkerumun di depan SMP Negeri di Kota Cimahi, Senin, 8 Juli 2019. Mereka menunggu kepastian pengumuman kelulusan hasil PPDB.*/RIRIN N.F/PR

Untuk tahun 2019, SMPN 1 Kota Cimahi menyediakan kuota 352 siswa yang terbagi ke dalam 11 kelas. Rinciannya, 282 siswa untuk zonasi, 52 siswa jalur prestasi dan 18 siswa perpindahan orang tua.

"Tidak terpenuhi jalur mutasi hanya 13 orang, sisanya diisi dari pendaftar zonasi," ungkap Edi.

Diakui, banyak masyarakat yang bersikukuh ingin masuk ke SMPN 1 Cimahi. "Kita hanya layani sesuai aturan PPDB secara online. Ini sistem ya, kami hanya menjalankan dan memberi pengertian saja," ucapnya.

Berdasarkan jalur zonasi, calon peserta didik terdekat berjarak sekitar 70 meter dari rumah ke sekolah dan jarak terjauh berkisar 900 meter. "Rata-rata dibawah 1 KM. Banyak juga komplain warga soal jarak, hal itu tergantung dari data yang mereka unggah sebetulnya. Kami hanya menerima saja," tuturnya.

Kondisi serupa terlihat di SMPN 6 Cimahi Jalan Gatot Subroto. Banyak warga menunggu kepastian hasil PPDB 2019.

Kepala SMPN 6 Cimahi Wawan Hermawan mengatakan, pengumuman PPDB berlangsung secara online sesuai aturan melalui situs https://cimahi.siap-ppdb.com. "Diumumkan secara online, nanti orangtua ambil surat keputusan di sekolah untuk daftar ulang," ujarnya.

Menurut Wawan, secara umum tak ada kendala signifikan dalam PPDB. "Masih ada keluhan umum seperti jarak rumah ke sekolah terlalu jauh sehingga tidak masuk zonasi. Radius pendaftar terjauh yang diterima sekitar dibawah 1 km," katanya.***

Bagikan: