Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Umumnya cerah, 29.7 ° C

Pemkab Bandung Barat Berharap 10 Destinasi Wisata Baru yang akan Dibuka Berdampak Positif bagi Warga

Cecep Wijaya Sari
null
null

NGAMPRAH, (PR).- Rencana pembukaan 10 destinasi wisata baru yang digagas Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna tak hanya berpotensi menambah pendapatan asli daerah. Namun, hal itu juga diharapkan bisa memberikan multiefek ekonomi bagi masyarakat sekitar.

"Dengan multiefek positif yang dirasakan masyarakat nanti, PAD juga akan dimanfaatkan untuk menambah sarana dan prasarana yang mendukung untuk peningkatan ekonomi masyarakat," kata Pelaksana Tugas Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah KBB Agustina Piryanti, Senin, 1 Juli 2019.

Dia mencontohkan, warga nantinya bisa berjualan dalam memenuhi kebutuhan para pengunjung yang datang ke areal wisata tersebut. Bahkan, ke depan warga sekitar juga bisa membuat semacam ‘homestay’ untuk disewakan kepada para pengunjung. “Menyewakan homestay untuk menginap itu, merupakan salah satu potensi dalam menumbuhkan ekonomi baru bagi warga. Ada juga warga yang berjualan dan aktivitas ekonomi lainnya,” ujarnya.

Jika kunjungan wisata makin banyak dan menghasilkan PAD, lanjut dia, manfaatnya akan kembali lagi kepada masyarakat. Di antaranya, untuk pembangunan infrastruktur jalan, pembangunan sarana prasarana pendidikan, kesehatan, penerangan jalan umum hingga bantuan untuk pembangunan rumah tidak layak huni.

Tak hanya fokus pada 10 wisata yang baru, menurut Agustina, penarikan PAD melalui pajak hiburan/wisata lainnya juga akan terus digenjot. Dia juga mengimbau kepada seluruh pengusaha atau pemilik tempat hiburan/wisata yang memiliki kewajiban membayar pajak agar lebih taat dan tertib tepat waktu.

“Sejauh ini kami terus bersinergi dengan PHRI (Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia) dalam mengoptimalkan pendapatan pajak dari sektor hiburan atau wisata. Kewajiban pengusaha yaitu membayar pajak, dan kami pemerintah memiliki kewajiban untuk memberikan pelayanan serta melakukan pembangunan infrastruktur ke setiap objek wisata,” ujarnya.

Seperti diketahui, Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna beserta jajaran Kepala SKPD pekan lalu mengunjung sejumlah destinasi wisata baru yang akan dikembangkan di tahun 2020. Diantaranya wisata Bukit Senyum, Lembang Dano, Sindang Geulis, di Kecamatan Cikalongwetan. Kemudian, Objek Wisata Buangan Cirata, dan Junghil di Kecamatan Cipeundeuy.

Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan KBB Cucu Hertika sebelumnya mengungkapkan, pihaknya menargetkan sebanyak 7 juta kunjungan wisatawan tahun ini. Dia optimistis target tersebut bisa tercapai seiring dengan adanya perbaikan di beberapa objek wisata

“Tahun lalu, ada 5,8 juta kunjungan wisatawan, meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya sekitar 3 juta wisatawan. Itu pun, baru data dari 56 objek wisata dari potensi sebanyak 133 tempat wisata,” ujarnya seraya menambahkan, hadirnya 10 destinasi wisata baru tahun depan juga berpotensi meningkatkan kunjungan wisata.***

Bagikan: