Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Cerah, 22 ° C

Asia Afrika Festival 2019 di Bandung, Persembahan dari Hati untuk Palestina

Yusuf Wijanarko
ASIA Afrika Festival digelar di Kota Bandung, Sabtu 29 Juni 2019.*/ANTARA
ASIA Afrika Festival digelar di Kota Bandung, Sabtu 29 Juni 2019.*/ANTARA

BANDUNG, (PR).- Wali kota Bandung Oded M Danial berharap gelaran Asia Afrika Festival (AAF) 2019 dapat menjadi momentum penggalangan dukungan untuk Palestina. Pernyataan sikap bersama itu menjadi penguat bahwa bangsa di Asia dan Afrika telah memberikan dorongan moral bagi perjuangan untuk kemerdekaan Palestina.

"Saya berharap kegiatan Asia Afrika Festival 2019 menyuburkan semangat kepedulian, terutama untuk mendorong terwujudnya negara Palestina merdeka," kata Oded M Danial di Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Sabtu 29 Juni 2019.

Dia juga memaparkan dalam rangkaian puncak peringatan ke-64 Konferensi Asia Afrika (KAA) itu tidak hanya dilewatkan sebagai kegiatan seremonial. Dia berharap gelaran tersebut bisa tetap menjunjung tinggi nilai-nilai yang digelorakan KAA ketika digelar di Kota Bandung pada 1955 silam.

ASIA Afrika Festival digelar di Kota Bandung, Sabtu 29 Juni 2019.*/DOK. HUMAS PEMPROV JABAR

Dengan demikian, kata Oded M Danial, esensi peringatan KAA merupakan pengingat bahwa perjuangan bangsa harus terus digelorakan dalam menciptakan kehidupan yang lebih baik. Bukan semata berkenaan dengan penjajahan, tetapi guna menghadapi tantangan perkembangan zaman yang tetap harus diimbangi dengan nilai kemanusiaan.

"Ini juga demi terciptanya tatanan kehidupan yang menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, toleransi, dan keadilan yang berlaku universal," katanya seperti diberitakan Antara.

ASIA Afrika Festival digelar di Kota Bandung, Sabtu 29 Juni 2019.*/DOK. HUMAS PEMPROV JABAR

Dalam acara tersebut, hadir juga para delegasi dari negara sahabat seperti Jepang, Irak, Palestina, Sudan, Libia, Laos, Zimbabwe, Maroko‎, Kuait, Mesir, Afrika Selatan, Tunisia.

Mereka mengikuti aksi “Solidarity Walk” sebagai bentuk dukungan negara Asia Afrika untuk kemerdekaan Palestina.

Acara tersebut dimulai sekira pukul 8.30 dengan berjalan dari Pendopo Kota Bandung menuju Palestina Walk dari yang lokasinya berdekatan dengan monumen bola dunia di Jalan Asia Afrika.

Di lokasi tersebut, para delegasi bersama Oded M Danial menerbangkan burung merpati putih yang menjadi simbol kebebasan untuk Palestina.

Disuguhi karnaval

Setelah itu, rombongan delegasi dari negara sahabat berjalan menuju Museum Asia Afrika untuk melihat sejarah Konferensi Asia Afrika.

Para tamu undangan kemudian mendapat suguhan budaya yang dibalut dalam kegiatan karanval. Berbagai seni budaya tradisional khas Jawa Barat dan Indonesia seperti tarian, musik, dan tradisi lainnya menjadi tontonan menarik.

ASIA Afrika Festival digelar di Kota Bandung, Sabtu 29 Juni 2019.*/ANTARA

Staf Ahli Kementrian Pariwisata Esthy Reko Astuti mengapresiasi AAF 2019 yang menjadi simbol kepedulian Pemkot Bandung bersama warganya terhadap perdamaian dunia.

"Kegiatan ini dalam rangka peringatan KAA pada 1955 yang melahirkan Dasasila Bandung untuk menggabungkan perdamaian dunia," kata dia.***

Bagikan: