Pikiran Rakyat
USD Jual 14.130,00 Beli 13.830,00 | Sebagian cerah, 27.1 ° C

Asia Africa Festival 2019, Hindari Ruas Jalan Ini

Mochammad Iqbal Maulud
ASIA Africa Festival 2019 berlangsung sejak Jumat, 28 Juni 2019 hingga Minggu, 30 Juni 2019. */ARMIN ABDUL JABBAR/PR
ASIA Africa Festival 2019 berlangsung sejak Jumat, 28 Juni 2019 hingga Minggu, 30 Juni 2019. */ARMIN ABDUL JABBAR/PR

BANDUNG, (PR).- Pemerintah Kota Bandung menggelar Asia Africa Festival (AAF) 2019, Jumat, 28 Juni 2019, hingga Minggu, 30 Juni 2019. Acara ini bertempat di Jalan Asia Afrika, Simpang Asia Afrika-Tamblong, dan Persimpangan Asia Afrika-Otto Iskandardinata.

Acara yang digelar selama tiga hari tersebut hanya akan menutup jalur lalu lintas di hari Sabtu, 29 Juni 2019 saja. Sehingga, masyarakat diharapkan bisa mengetahui jalur-jalur mana saja yang bisa dilewati.

Pada Sabtu 29 Juni 2019, penutupan arus lalu lintas dilakukan dari perempatan yang berada sebelum Hotel Bidakara Savoy Homan hingga Masjid Raya Bandung. Rencananya, penutupan akan dilakukan sejak pagi hari. 

Satuan Lalu Lintas Polrestabes Bandung sudah menyusun rekayasa arus lalu lintas tersebut. ‎Hal ini dilakukan demi meminimalisasi kemacetan yang terjadi di Kota Bandung. Apalagi, jalur yang direkayasa merupakan jalan-jalan protokoler yang sering dilewati kendaraan.

Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat Polrestabes Bandung Komisaris Polisi Santhi Rianawati membenarkan hal tersebut. Menurut Santhi, ruas jalan yang akan digunakan untuk acara AAF 2019 ini antara lain Jalan Asia Afrika, Jalan Tamblong, Jalan Braga, Kawasan Alun-alun Timur dan Jalan Cikapundung Barat.

Rencana pengalihan

Sementara untuk pengalihannya, kata Santhi, kendaraan yang menuju ke Jalan Sudirman diarahkan ke Jalan Tamblong, kemudian masuk ke Jalan Veteran, lalu ke Jalan Sunda. Selanjutnya melalui Jalan Sumbawa, Jalan Belitung, Jalan Sumatera, Jalan Aceh, Jalan Merdeka, Jalan Perintis Kemerdekaan, Jalan Suniaraja, dan Jalan Otista.

Sementara arus kendaraan yang mengarah ke Jalan Tegalega, diarahkan ke Jalan Lengkong Besar, Jalan Pungkur, dan Jalan Otto Iskandardinata.

"Namun‎ pengalihan ini hanya berlaku dalam satu hari, Sabtu 29 Juni 2019 sejak pukul 06.00 WIB sampai acara selesai," kata Santhi, saat diwawancarai di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Jumat 28 Juni 2019.

Selama pengalihan arus lalu lintas, ujar Santhi, ditempatkan personel Satlantas dan Dishub Kota Bandung untuk memberikan pengamanan dan pengawalan pengalihan arus.

Rencana kegiatan

Pada kegiatan AAF 2019 yang puncaknya berlangsung pada Sabtu, 29 Juni 2019 ini, festival diawali dengan historical walk dari Pendopo Kota Bandung ke Jalan Dalem Kaum, menuju Palestine Walk yang tepat berada di Jalan Alun-alun Timur, di depan Alun-alun Bandung.

Di lokasi tersebut, para peserta akan melepas burung merpati sebagai simbol perjuangan rakyat Palestina. Kegiatan ini berlangsung sekitar pukul 08.00-10.00 WIB.

Selanjutnya, pada pukul 10.00-12.00 WIB, digelar parade dari kota dan kabupaten dan negara sahabat. Parade akan berlangsung di sepanjang Jalan Asia Afrika. Selama parade, Jalan Asia Afrika ditutup sementara. 

Selama festival berlangsung, ruas jalan yang perlu warga Bandung hindari juga meliputi Jalan Dalem Kaum. Namun, setelah acara usai, arus lalu lintas akan kondisional atau menyesuaikan kondisi lalu lintas saat tu. 

Sementara itu, parade penampilan negara delegasi dan kabupaten kota yang ikut memeriahkan, terletak di Jalan Asia Afrika pada pukul 10.00-12.00 WIB. Selama perhelatan parade, ruas Jalan Asia Afrika akan ditutup sementara.

"Setelah parade, festival dimeriahkan oleh hiburan musik. Panggung pentas musik terletak di pinggir Gedung Merdeka, Jalan Braga. Acara ini berlangsung hingga malam hari," ujar Santhi.

Warga juga diimbau untuk memilih transportasi umum jika ingin hadir di Asia-Afrika Festival. Jika menggunakan kendaraan pribadi bisa memarkirkannya di basement Alun-alun Bandung dan kawasan lain yang sudah disediakan. ***

Bagikan: