Pikiran Rakyat
USD Jual 14.106,00 Beli 13.806,00 | Umumnya berawan, 20.6 ° C

Pria di Bandung Tewas Diduga Dililit Ular Sanca Peliharaannya, Sang Istri Beri Kesaksian

Handri Handriansyah
ULAR sanca/HANDRI HANDRIANSYAH/PR
ULAR sanca/HANDRI HANDRIANSYAH/PR

SOREANG, (PR).- Seorang warga Kampung Citiru, Desa Padasuka, Kecamatan Kutawaringin, Kabupaten Bandung tewas diduga karena dililit ular sanca peliharaannya. Warga bernama Jana (42) itu ditemukan tak bernyawa oleh istrinya, Elah (38) di jamban tempatnya memandikan ular tersebut.

Elah mengaku tak menyangka nasib tragis itu akan dialami suaminya. "Suami saya sudah terbiasa mengurus ular dan bahkan sampai jual-beli," ujarnya, Senin 24 Juni 2019.

Kejadian nahas itu, kata Elah, terjadi Jumat 21 Juni 2019 siang. Ketika itu Jana berpamitan kepada Elah untuk ke jamban, yang letaknya tak jauh dari rumah mereka, untuk memandikan ular.

Setelah lama tak kunjung pulang, Elah menyusul Jana ke jamban tersebut. Namun Elah justru menemukan Jana sudah tertelungkup tak bernyawa di samping ular sanca dengan panjang hampir tiga meter.

Dipelihara sejak kecil

Elah berkata dia dan keluarga langsung membawa jenazah suaminya ke rumah. "Jenazah kemudian langsung dimakamkan pada hari yang sama," ujarnya.

Meski masih terlihat berduka, Elah mengatakan telah merelakan kepergian sang suami. Namun ia tak menampik masih merasa heran dengan kejadian tersebut.

ULAR sanca/HANDRI HANDRIANSYAH/PR

Menurut Elah, ular sanca yang melilit Jana sudah dipelihara oleh suaminya itu sejak kecil. Selain itu, Jana juga dikenal akrab dengan hewan melata sejenis yang bahkan berbisa seperti ular kobra.

Kini, Elah hanya bisa pasrah hidup tanpa suami dan mengurus dua anak, Neng Siti (10) dan Dika (3). "Anak sulung saya masih sekolah, sekarang kelas tiga SD," ucapnya.

Sempat kabur

Sementara itu, Ketua RW di tempat tinggal Elah, Rukiman mengatakan, Jana merupakan sosok yang dikenal ramah dan akrab dengan siapa saja. "Orangnya baik dan supel," ujarnya.

Selain hobi memelihara binatang melata, Rukiman menegaskan bahwa Jana juga tak jarang melakukan pekerjaan lain untuk menghidupi keluarganya. Bahkan keterampilannya dalam pekerjaan konstruksi bangunan membuat Jana sempat terlibat sejumlah proyek pembangunan Desa Padasuka.

Terkait ular sanca yang melilit Jana, Rukiman mengatakan ular tersebut sempat kabur ke saluran air jamban milik Jana. Namun akhirnya warga menangkap ular seberat 17 kilogram itu dan membunuhnya agar tidak memakan korban warga lain.***

Bagikan: