Pikiran Rakyat
USD Jual 14.068,00 Beli 13.768,00 | Umumnya cerah, 27 ° C

Jadi Tuan Rumah Porda 2022, Bandung Barat Mulai Verifikasi Sejumlah Arena

Cecep Wijaya Sari
ILUSTRASI.*/CANVA
ILUSTRASI.*/CANVA

NGAMPRAH, (PR).- Menjadi salah satu tuan rumah pada Pekan Olah Raga Daerah Jawa Barat 2022, Pemerintah Kabupaten Bandung Barat mulai melakukan verifikasi sejumlah arena olahraga. Rencananya, akan ada 22 arena olah raga di Bandung Barat yang akan digunakan pada Porda Jabar nanti.

Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Bandung Barat Ade Sudiana mengungkapkan, ini pertama kalinya KBB dipercaya menjadi tuan rumah Porda. "Pada Porda nanti kami akan menjadi tuan rumah bersama dengan Tasikmalaya dan Subang," ujarnya, Senin, 24 Juni 2019.

Dia menuturkan, ada sejumlah venue yang sudah biasa dipakai dalam berbagai ajang olah raga, di antaranya venue ski air, gantole, sepeda gunung, panjat tebing, dan berkuda. Sejumlah venue tersebut mulai diverifikasi kembali agar benar-benar siap digunakan pada Porda Jabar 2022.

Khusus untuk berkuda, menurut Ade, lapangan pacuan kuda di Lembang bisa saja digunakan jika sudah selesai ditata. Dalam waktu dekat, penataan akan segera dilakukan setelah pemerintah daerah memasang plang kepemilikan di aset sengketa tersebut beberapa waktu lalu.

"Untuk lapangan pacuan kuda, nanti kami lihat perkembangannya, apakah siap dipakai Porda atau tidak. Sebab, sekarang baru mau dilakukan penataan," tuturnya seraya menambahkan, pihaknya mengajukan Rp 9 miliar untuk pembangunan tribun di areal sekitar 86.000 meter persegi itu.

Selain soal arena, Ade mengungkapkan, pihaknya juga mempersiapkan para atlet yang akan ikut serta pada Porda nanti. Dia menargetkan pada Porda 2022, KBB bisa meraih juara pertama setelah pada Porda sebelumnya meraih juara keempat.

"Untuk Porda nanti, kami usahakan agar kontingen KBB bisa ikut semua cabor. Sementara, cabor unggulan masih di dayung dan gulat," ujar Ade.

Dia menambahkan, Pemerintah Kabupaten Bandung Barat  tahun ini mendapatkan Dana Alokasi Khusus sebesar Rp 13,5 miliar dari pemerintah pusat untuk pembangunan gedung olah raga di Kecamatan Batujajar. Rencananya, GOR tersebut diperuntukkan bagi olah raga beladiri, tetapi bisa juga digunakan untuk berbagai olah raga lainnya.

Menurut Ade, pembangunan sarana olah raga tersebut juga merupakan persiapan KBB sebagai salah satu tuan rumah Porda 2022. Selain itu, pihaknya juga tengah mempersiapkan DED untuk pembangunan stadion di Cipatat. Targetnya, pembangunan stadion seluas 40 hektare itu bisa terealisasi pada 2021.

"Pembangunan stadion akan mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat sebesar Rp 150 miliar. Kami sedang persiapkan proposal untuk pembangunan stadion ini," ujarnya.***

Bagikan: