Pikiran Rakyat
USD Jual 14.279,00 Beli 14.181,00 | Langit umumnya cerah, 25.9 ° C

Akan Ada Bus DAMRI Gratis dari Bandung ke Bandara Kertajati

Novianti Nurulliah
SUASANA Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati yang lengang di Majalengka, Jawa Barat, Sabtu, 15 Juni 2019.*/ANTARA
SUASANA Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati yang lengang di Majalengka, Jawa Barat, Sabtu, 15 Juni 2019.*/ANTARA

BANDUNG,(PR).- Perum DAMRI Bandung akan menggratiskan biaya perjalanan dari Bandung ke Bandara Kertajati. Pemberlakuan tarif gratis itu berlangsung selama masa transisi pemindahan sebagian rute dari Bandara Husein Sastranegara ke Bandara Kertajari, Majalengka terhitung mulai 1 Juli 2019 hingga akhir Juli 2019. 

Sebanyak lima bus DAMRI siap melayani calon penumpang pesawat dari pul DAMRI Bandung di Jalan Kebon Kawung, Kota Bandung ke Kertajati, Majalengka dengan jarak 175 km.

Kepala Perum DAMRI Cabang Bandung Mursalin Tutu mengatakan, penggratisan ongkos dari Bandung ke Kertajati tersebut merupakan bentuk bantuan operasional dari PT BIJB kepada DAMRI. Bandung mendapat bantuan karena dipastikan memiliki potensi calon penumpang terbanyak.

"Kami mendapat bantuan operasional dari BIJB untuk bus dari Bandung. Dalam setahun ini kami tidak akan mengejar profit di Bandung untuk yang ke Kertajati. Sesuai dengan arahan dari Kemenhub, kami sebagai BUMN harus mendukung dan hadir di tengah masyarakat," kata Mursalin dalam kegiatan Jabar Punya Informasi di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jumat 21 Juni 2019.

Meski demikian, Mursalin menuturkan, penggratisan ongkos bus DAMRI tersebut merupakan opsi. Jika penumpang yang akan diangkut dari Bandung ternyata membludak, DAMRI akan menjalankan opsi kedua.

DAMRI akan memberangkatkan bus dalam interval sejam sekali. Dengan demikian, penumpang harus membayar ongkos separuhnya atau Rp 37.500 dari ongkos semula Rp 75.000.

"Tidak elok kalau sebagian gratis, sebagian lagi bayar penuh. Jadi, opsi kedua kami akan berlakukan separuh ongkos saja," kata dia.

Jika sesuai dengan skenario awal, penumpang lima bus tersebut akan berangkat tanpa dipungut ongkos selama sebulan dengan pemberangkatan dua jam sekali setiap harinya atau sembilan kali pemberangkatan dari Bandung mulai pukul 2.00 dini hari.

Selain dari Bandung, DAMRI memberangkatkan bus dari Cikarang, Kuningan, dan Cirebon. Bus DAMRI dari ketiga daerah tersebut diberangkatkan dari titik awal masing-masing terminal bus daerah tersebut.

Tarifnya yang diterapkan berbeda-beda. Dari Cirebon dengan jarak 65 km diberlakukan tarif Rp 40.000, dari Kuningan Rp 50.000, sedangkan dari Cikarang dengan jarak 150 km  dipatok tarif Rp 60.000.***

Bagikan: