Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Sebagian cerah, 31.1 ° C

Kandang Terbakar, 14 Kambing dan 12 Ayam Bangkok Terpanggang

Ririn Nur Febriani
KANDANG  kambing milik Iyus (57) terbakar Senin (17/6/2019). */ RIRIN NUR FEBRIANI/PR
KANDANG kambing milik Iyus (57) terbakar Senin (17/6/2019). */ RIRIN NUR FEBRIANI/PR

CIMAHI, (PR).- Kandang kambing milik Iyus (57) terbakar, Senin (17/6/2019). Kebakaran di Jalan Ibu Ganirah, Gang H Toyib RT 1 RW 4 Kelurahan Cibeber Kecamatan Cimahi Selatan Kota Cimahi itu mengakibatkan nyawa 14 ekor kambing dan 12 ekor ayam bangkok melayang karena hangus terbakar.

Ditemui di lokasi, Iyus mengatakan kebakaran di kandang kambing tersebut terjadi sekitar pukul 3.00 WIB. Saat kejadian dia dan warga sekitar masih terlelap tidur.

"Tahu-tahu api sudah besar. Semua kambing dan ayam bangkok hangus terbakar, total ada 14 kambing dan 12 ayam bangkok. Semuanya hangus tidak terselamatkan," ujarnya.

Saat api berkobar, lanjut Iyus, semua kambing dan ayamnya juga tidak bisa kabur karena kandangnya terkunci rapat. Semua hewan mati terbakar di dalam kandang.

"Akibatnya, kandang hancur dan rata dengan tanah. Sisa-sisa daging kambing dan ayam terkubur di antara reruntuhan kandang. Saya pungut dan kubur," ucapnya.

Iyus menduga kebakaran tersebut akibat konsleting listrik. Sebelum kejadian ia sempat membetulkan listrik di kandang kambing tersebut.

"Kayaknya ada percikan api, lalu membesar karena di lokasi kejadian terdapat tumpukan busa. Saya memang menyimpan busa di sekitar kandang kambing ini, jadi api membesar karena membakar busa juga hingga akhirnya semua kambing saya terbakar," katanya.

Hewan ternak miliknya itu sebetulnya siap dijual dengan harga Rp 2,7 juta hingga Rp 3 juta per ekor untuk kambing, sedangkan harga ayam bangkok siap dijual dengan harga Rp 600 ribu per ekor.

"Kerugian bisa mencapai kurang lebih Rp 70 juta," tuturnya.***

Bagikan: