Pikiran Rakyat
USD Jual 14.280,00 Beli 14.182,00 | Cerah berawan, 27.2 ° C

Walau Berbahaya, Mobil Pick-up Jadi Sarana Mudik dan Berwisata

Tim Pikiran Rakyat
SEJUMLAH warga memanfaatkan mobil pick-up untuk kepentingan berwisata.*/ENGKOS KOSASIH/GALAMEDIA
SEJUMLAH warga memanfaatkan mobil pick-up untuk kepentingan berwisata.*/ENGKOS KOSASIH/GALAMEDIA

KENDARAAN roda empat jenis pick-up menjadi salah satu pilihan bagi para pemudik untuk pulang ke kampung halamannya pada musim mudik dan balik Lebaran 1440 Hijriah ini. Hal tersebut terpantau di jalur alternatif Jalan Kamojang-Ibun Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung, banyak pengendara yang menggunakan mobil pick-up untuk mudik dan balik Lebaran.

Padahal mobil pick-up bak terbuka itu diperuntukan untuk angkutan barang, bukan angkutan manusia. Walau berbahaya, tetapi para pemudik banyak yang menggunakan mobil bak terbuka untuk perjalanan mudik dan balik Lebaran. Termasuk ada di antara warga yang memanfaatkan mobil pick-up untuk pergi ke tempat objek wisata. 

Para pengendara mobil pick-up melengkapi mobilnya dengan penutup terpal supaya tidak terkena panas sinar matahari maupun hujan. Tetapi banyak juga di antara pengendara maupun penumpang yang membiarkan mobilnya terbuka. 

Di atas mobil bak terbuka itu dengan penumpang antara 8 sampai 12 orang, yang merupakan sanak keluarga. Mereka melintasi kawasan jembatan kuning Cukang Monteng Kamojang, dari arah Garut tujuan Majalaya. Banyak juga yang melaju dari arah sebaliknya, dengan tujuan objek wisata di kawasan Jabar selatan. 

Istirahat di jembatan kuning

Mereka pun tampak istirahat di sekitar jembatan kuning Cukang Monteng Kamojang, setelah melakukan perjalanan jauh dari Garut tujuan Bandung dan daerah lainnya. 

Kepala Unit Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kecamatan Ibun H. Engkon yang siaga di kawasan jembatan kuning Cukang Monteng Kamojang, melihat langsung banyak para pengendara mobil bak terbuka yang melintasi jalur alternatif Jalan Kamojang-Ibun tersebut. Bahkan, sejumlah mobil pick-up terparkir di depan Pos Pengamanan Lebaran Satpol PP. 

Ia bersama Linmas Siaga turut membantu dan mengatur tempat parkir dan istirahat para pengendara mobil pick-up tersebut.

"Memasuki hari Senin ini, lalu lintas kendaraan yang melintasi jalur Kamojang-Ibun tampak lengang. Sempat ramai tadi siang pada pukul 14.00 sampai 15.00 WIB," kata Engkon  di sekitar jembatan kuning Cukang Monteng Kamojang, Senin 10 Juni 2019.

Engkon mengatakan, jajaran Satpol PP bersama Linmas Siaga akan melaksanakan pemantauan dan pengamanan arus mudik dan balik Lebaran sampai hari Kamis (13/6/2019) mendatang. "Mengingat masih suasana arus mudik dan balik Lebaran. Hal itu untuk mengantisipasi kejadian yang tak diharapkan, saat para pemudik melintasi jalur Kamojang-Ibun pada arus balik Lebaran," katanya.

Ia memperkirakan, sampai Kamis mendatang, masih banyak para pemudik yang melintasi jalur Kamojang-Ibun. "Makanya, secara internal di lingkungan Satpol PP, kita akan melakukan pengamanan Lebaran sampai Kamis mendatang," katanya.(Engkos Kosasih/Galamedia)***

Bagikan: