Pikiran Rakyat
USD Jual 14.317,00 Beli 14.219,00 | Sebagian cerah, 31.3 ° C

Donor Jalani Puasa dan Mudik, Stok Beberapa Jenis Darah di Bandung Kosong

Tim Pikiran Rakyat
PETUGAS Palang Merah Indonesia (PMI) memeriksa kantong darah di laboratorium Kantor PMI Kota Bandung, beberapa waktu lalu.*/ANTARA
PETUGAS Palang Merah Indonesia (PMI) memeriksa kantong darah di laboratorium Kantor PMI Kota Bandung, beberapa waktu lalu.*/ANTARA

BANDUNG,(PR).- Setelah libur panjang hari raya Idulfitri 1440 H, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung masih kesulitan memenuhi kebutuhan darah untuk masyarakat. Hal ini dampak dari belum kembalinya sebagian donor dari aktivitas mudik lebaran. 

"Stok darah setelah libur lebaran belum normal, dikarenakan masyarakat masih banyak yang belum kembali dari aktivitas mudik dan liburan," kata Kasubag Infokom Markas PMI Kota Bandung, Priyo Handoko, saat dihubungi Jurnalis Galamedia, Ferdy Soegito Putra, Selasa 11 Juni 2019.

Dengan jumlah persediaan darah yang ada sekarang, menurutnya masyarakat masih akan mengalami kesulitan hingga 1 pekan ke depan. "Kami perkiraan persediaan darah akan mulai normal kembali tiga pekan setelah hari raya, atau pekan depan," katanya. 

Adapun upaya untuk memenuhi kebutuhan darah masyarakat, dikatakannya, PMI Kota Bandung masih akan membuka layanan donor keluarga selama 24 jam di Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kota Bandung, Jalan Aceh. 

"Upaya yang kami lakukan tetap donor keluarga, donor 24 jam serta melakukan kegiatan mobil unit dengan bekerjasama bersama instansi yang dapat melaksanakan kegiatan donor darah, karena sejumlah instansi sudah mulai beraktivitas dengan normal sejak Senin kemarin," katanya. 

Data stok darah

Sebelumnya kesulitan PMI Kota Bandung untuk memenuhi kebutuhan darah bagi masyarakat sudah terjadi sejak pertengahan bulan Ramadan, dimana program donor keluarga serta pembukaan layanan donor 24 jam sebagai upaya mengatasi masalah ini, sudah mulai berjalan sejak saat itu. 

Dari data yang diperoleh, sejumlah jenis darah di UTD PMI Kota Bandung per hari Selasa, 11 Juni 2019 mengalami kekosongan. Misalnya di jenis Packed Red Cells (PRC), hanya tersedia buah 1 labu golongan AB. Sedangkan jenis darah Thrombocyte Concentrates (TC) terjadi kekosongan di semua golongan darah. Sama seperti di jenis darah BC (BufyCoat) dan Jenis darah LP (Liquid Plasma).

Adapun yang tersedia yakni jenis darah FFP (Fresh Frozen Plasma) dengan jumlah golongan A 258 labu, B 155 labu, O 296 labu dan AB 114 labu. Sedangkan jenis darah AHF (Anti Haemolytic Factor), golongan A 33 labu, B 41 labu, O 34 labu, dan AB 2 labu.

Ia pun berharap kepada para donor yang sudah kembali dan berada di Kota Bandung agar bisa menyumbangkan darahnya untuk kebutuhan masyarakat yang membutuhkan. 

"Untuk membantu memenuhi kebutuhan darah masyarakat, kami berharap warga Kota Bandung bisa mendonorkan kembali secara rutin, termasuk kepada wisatawan yang kini sedang melakukan aktivitas berlibur," pungkasnya.***

Bagikan: