Pikiran Rakyat
USD Jual 14.425,00 Beli 14.125,00 | Sedikit awan, 24.7 ° C

Anda Punya Keluhan? Silakan WA 08118071112

Cecep Wijaya Sari
Whatsapp/DOK. PR
Whatsapp/DOK. PR

NGAMPRAH, (PR).- Memasuki hari kedua kerja setelah libur Idulfitri, puluhan pengaduan masyarakat masuk melalui aplikasi KBB Quick Response milik Pemerintah Kabupaten Bandung Barat. Keluhan yang masuk  di antaranya soal pembuatan dokumen administrasi kependudukan, pembangunan infrastruktur jalan, dan pelayanan kesehatan.

Petugas KBB Quick Response dari Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik KBB Ryka Tri Utami mengungkapkan, berbagai aduan tersebut langsung diteruskan kepada dinas terkait untuk ditindaklanjuti. "Kami pantau terus aduan yang masuk. Kebanyakan soal pembuatan e-KTP dan sisanya soal infrastruktur dan kesehatan," katanya, Selasa 11 Juni 2019.

Dia menuturkan, warga yang ingin mengadukan keluhannya bisa langsung mengirim pesan ke nomor Whatsapp 08118071112. Meski demikian, pihaknya hanya bertugas menyampaikan keluhan tersebut ke satuan kerja perangkat dinas terkait.

"Misalnya, untuk keluhan soal e-KTP diteruskan ke Disdukcapil, kesehatan ke Dinas Kesehatan, dan infrastruktur ke Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang," ujarnya.

Kepala Diskominfotik KBB Ludi Awaludin mengungkapkan, aplikasi Quick Response merupakan salah satu layanan daring yang dikembangkan Pemkab Bandung Barat. Selain aplikasi tersebut, aplikasi layanan perizinan saat ini juga sudah bisa diakses masyarakat.

Secara keseluruhan, saat ini sudah ada 13 aplikasi berbasis website, di antaranya pelayanan perizinan, layanan pengaduan, administrasi kependudukan, hibah bansos online, quick response, e-planning, e-kinerja, e-office, e-audit, LPSE (Layanan Pengadaan Secara Elektronik), dan fingerprint atau absensi berbasis elektronik. Sebagian besar aplikasi tersebut diperuntukkan bagi para pegawai di lingkungan Pemkab.

"Ke depannya, kami juga akan mengembangkan aplikasi ini menjadi berbasis Android, sehingga lebih mudah digunakan," katanya seraya mengungkapkan, pembuatan aplikasi disesuaikan dengan kebutuhan di setiap satuan kerja perangkat daerah.

Sementara itu, keluhan masyarakat juga kerap disampaikan melalui akun Instagram Bupati Bandung Barat @aa.umbara, dan Wakil Bupati Bandung Barat @hengkykurniawan. Beragam keluhan tersebut terkait dengan pelayanan publik di beberapa desa/kecamatan.

Beberapa hari lalu misalnya, akun IG Bupati dibanjiri keluhan soal tumpukan sampah pasca Lebaran. Keluhan tersebut menanggapi unggahan video Bupati yang tengah membersihkan sampah di Jalan Kayuambon. Warganet banyak mengeluhkan soal minimnya tempat pembuangan sampah sementara, sehingga banyak warga yang membuang sampah ke pinggir jalan.***

Bagikan: