Pikiran Rakyat
USD Jual 14.280,00 Beli 14.182,00 | Sebagian cerah, 30 ° C

Banyak Pemudik Tertarik Transformer di Jembatan Kuning

Tim Pikiran Rakyat
LOKASI jembatan kuning di Cukang Monteng Kamojang, Kecamatan Ibun, menjadi tempat selfie yang menarik bagi para pemudik.*/YOUTUBE
LOKASI jembatan kuning di Cukang Monteng Kamojang, Kecamatan Ibun, menjadi tempat selfie yang menarik bagi para pemudik.*/YOUTUBE

SOREANG, (PR).- Di tengah kesibukannya melayani para pemudik Lebaran, jajaran Muspika Ibun Kabupaten Bandung menyempatkan diri bersilaturahmi dengan para pemudik yang berhenti atau istirahat di sekitar jembatan kuning Cukang Monteng Kamojang, Kecamatan Ibun, Minggu 9 Juni 2019. 

Kapolsek Ibun Iptu Carsono bersama Anggota Koramil Paseh-Ibun Serda Suherman dan anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) menyempatkan diri menemui para pemudik yang sedang beristirahat di jembatan kuning Cukang Monteng Kamojang. 

Para pemudik pun memanfaatkan momen Lebaran itu untuk berfoto selfie dengan Kapolsek Ibun Iptu Carsono, anggota Koramil Paseh-Ibun Serda Suherman dan Anggota Satpol PP yang sedang siaga di sekitar jembatan kuning Cukang Monteng Kamojang. 

Mereka berfoto selfie di antara transformer "bumble bee" yang berdiri tegak di sekitar jembatan kuning Cukang Monteng Kamojang. Hadirnya transformer 'bumble bee' itu menjadi destinasi wisata baru selama mudik dan balik Lebaran tahun ini.
 
"Para pemudik sambil beristirahat dan mendinginkan rem kendaraan roda dua maupun roda empat setelah melakukan perjalanan jauh, mereka menyempatkan diri berfoto selfie bersama transformer 'bumble bee' di sekitar jembatan kuning Cukang Monteng Kamojang. Kita juga sering diajak para pemudik Lebaran berfoto selfie dengan transformer 'bumble bee' tersebut," kata Carsono kepada wartawan Galamedia, Engkos Kosasih di sekitar jembatan kuning Cukang Monteng Kamojang Kecamatan Ibun.

Carsono mengatakan, adanya fasilitas robot yang menyerupai transformer 'bumble bee' tersebut menjadi daya tarik para pemudik Lebaran, bahkan keberadaan transformer menjadi daya tarik destinasi wisata. Setelah lelah melakukan perjalanan jauh, para pemudik berfoto selfie dengan transformer. 

"Sambil beristirahat, banyak para pemudik yang berfoto selfie dengan transformer 'bumble bee'. Momen itu tidak dilewatkan para pemudik untuk berfoto selfie di jembatan kuning. Bahkan ini menjadi kenang-kenangan para pemudik saat sedang melakukan perjalanan mudik Lebaran," kata Carsono. 

Harus waspada

Bahkan tak sedikit di antara pemudik itu suka cita mengabadikan dirinya berfoto selfie dengan transformer dengan latar belakang jembatan kuning Cukang Monteng Kamojang. 

"Transformer 'bumblee bee' ini menjadi ajang tempat hiburan bagi para pemudik sambil menikmati keindangan alam di kawasan Cukang Monteng Kamojang," jelasnya.

Carsono memperkirakan, pada Minggu ini merupakan puncak arus balik Lebaran yang melintasi jalur alternatif Jalan Raya Kamojang-Ibun. Kendaraan lebih didominasi dari arah Garut tujuan Majalaya, dengan kondisi medan jalan yang menurun cukup curam. Sehingga setiap kendaraan yang melintasi di jalur jalan tersebut harus meningkatkan kewaspadaan.

"Terutama kendaaan roda dua jenis matik, sebelum melaju menurun dan melanjutkan perjalanan, diberhentikan di kawasan jembatan kuning Cukang Monteng Kamojang untuk mendinginkan remnya dengan cara disiram air. Setelah itu, mereka melanjutkan perjalanan. Penyiraman rem kendaraan roda dua ini untuk mencegah rem blong yang menyebabkan terjadinya kecelakaan lalulintas. Rem blong itu lebih disebabkan karena remnya panas setelah melakukan perjalanan jauh," kata Carsono.

Kapolsek Ibun memperkirakan akan terjadi lonjakan kendaraan para pemudik Lebaran, pada arus balik dari arah Garut tujuan Majalaya pada Minggu sore menjelang malam.

Selain warga yang pulang dari sejumlah objek wisata di Jabar selatan, juga pada Minggu sore itu, diperkirakan para pemudik Lebaran yang melakukan perjalanan balik menuju kampung halaman maupun tempat kerjanya masing-masing. Untuk mengantisipasi lonjakan volume kendaraan para pemudik Lebaran yang melakukan arus balik, katanya, jajaran Polri, TNI, Satpol PP, Linmas, Pramuka, Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung tetap siaga. Para petugas pun terus mengatur kendaraan di sekitar jembatan kuning Cukang Monteng Kamojang, supaya tidak terjadi penumpukan kendaraan.***

Bagikan: