Pikiran Rakyat
USD Jual 14.006,00 Beli 14.104,00 | Sebagian cerah, 31.1 ° C

Kawasan Pemakaman Patrol Rawan Kecelakaan, Rem Motor Perlu Disiram

Tim Pikiran Rakyat
SEMUA pengendara motor dari arah Garut tujun Majalaya dihentikan dan disemprot remnya agar tidak mengalami kecelkaan rem blon.*/ENGKOS KOSASIH/GALAMEDIA
SEMUA pengendara motor dari arah Garut tujun Majalaya dihentikan dan disemprot remnya agar tidak mengalami kecelkaan rem blon.*/ENGKOS KOSASIH/GALAMEDIA

SOREANG, (PR).- Tim Gabungan dari Polri, TNI, Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), dan Linmas melaksanakan gerakan pendinginan pada rem kendaraan roda dua yang akan meneruskan perjalanan ke arah turunan curam Jalan Kamojang-Ibun Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung, Jumat 7 Juni 2019g. Lalu lintas kendaraan di kawasan Cukang Monteng Kamojang terbilang ramai lancar. 

Pendinginan rem kendaraan roda dua itu dengan cara menyiramkan air yang dilaksanakan Danramil Paseh-Ibun Kapten Inf Toto Toha Sobana, Kapolsek Ibun Iptu Carsono dan jajaran TNI, Polri, Dinas Perhubungan dan Satpol PP. 

Penyiraman rem kendaraan roda dua itu dalam upaya meminimalisir rawan kecelakaan saat menuruni turunan curam di Jalan Kamojang Ibun, tepatnya di SDN Patrol Kampung Patrol dan di sekitar pemakaman umum Kampung Patrol, selain di pertigaan Kampung Sangkan Desa Ibun. 

Penyiraman dan pendinginan rem kendaraan roda dua itu diprioritaskan bagi pengendara yang melaju dari arah Garut tujuan Ibun-Majalaya. 

Setiap pengendara roda dua, khususnya kendaraan sepeda motor matik yang berboncengan langsung dihentikan tim gabungan di sekitar Tugu Kujang Cukang Monteng Kamojang. 

Toto Toha Sobana, Carsono dan petugas gabungan lainnya langsung melakukan penyiraman rem kendaraan roda dua yang sebelumnya para pengendara itu melakukan perjalanan jauh dari arah Garut tujuan Ibun-Majalaya. 

Setelah perjalanan jauh, rem kendaraan sepeda motor  panas dan rawan terjadi rem blong sehingga menimbulkan kecelakaan lalu lintas. Untuk itu, penyiraman rem kendaraan bermotor dalam upaya mencegah terjadinya rem blong saat melaju menurun di turunan Jalan Kamojang-Ihun tersebut.

Terjebak kemacetan 

Sementara itu, sejumlah pengendara roda empat yang melaju dari arah Kamojang Ibun tujuan Garut Jawa Barat terjebak kemacetan kendaraan. 

"Jalur Kamojang yang hendak keluar Garut macet," keluh Nonih, pengendara roda empat yang melaju dari arah Kamojang tujuan Garut kepada wartawan Galamadia, Engkos Kosasih.

Nonih bersama keluarganya hendak pergi ke objek wisata untuk mengisi waktu libur Lebaran Idulfitri. Namun di perjalanan terjebak kemacetan kendaraan, sehingga laju kendaraan pun melaju perlahan. 

Kepadatan kendaraan pada H+2 ini karena terjadi lonjakan kendaraan dari arah Kamojang tujuan Garut. Selain para pengendara yang hendak berlebaran, juga para pengendara tujuan objek wisata di Jabar selatan.

Kapolsek Ibun Iptu Carsono mengatakan, sejak Kamis (6/6/2019) sampai Jumat ini terjadi kepadatan kendaraan di jalur Kamojang Ibun. Hal itu membuat para petugas gabungan dari Polri, TNI, Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja ektra kerja keras membantu para pemudik.
 
"Kita naik turun di jalur Kamojang-Ibun untuk membantu para pemudik disaat jalur cukup padat. Mengingat ada sejumlah kendaraan roda empat maupun roda dua yang tak bisa menanjak di tanjakan Jalan Kamojang-Ibun," kata Carsono.***

Bagikan: