Pikiran Rakyat
USD Jual 14.426,00 Beli 14.126,00 | Sedikit awan, 22.6 ° C

Bajabang Eduar, Objek Wisata Baru yang Murah di Bandung Barat

Bambang Arifianto
BAJABANG Edukasi Agrowisata/BAMBANG ARIFIANTO/PR
BAJABANG Edukasi Agrowisata/BAMBANG ARIFIANTO/PR

NGAMPRAH,(PR).- Kabupaten Bandung Barat memiliki destinasi wisata baru yang menyuguhkan pemandangan hutan karet dengan berbagai wahana permainan menarik. Lokasinya berada di Kampung Pasir Ucing, Desa Nanggeleng. Tempat wisata itu bernama Bajabang Edukasi Agrowisata atau Bajabang Eduar.

Dengan hanya membayar tiket Rp 5.000 dan tarif parkir Rp 2.000, pengunjung sudah bisa menikmati lokasi wisata murah meriah tersebut.

Tersembunyi di tengah hutan perkebunan karet Bajabang, tak banyak orang mengira ada tempat rekreasi asyik di sana.

Perjalanan menuju Bajabang Eduar cukup mudah. Pengunjung dari Bandung-Cianjur bisa menuju lokasi wisata tersebut dengan berbelok dari Rajamandala. Jalur itu melintasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sarimukti, lurus mengarah ke Kecamatan Cipeundeuy.

BAJABANG Edukasi Agrowisata/BAMBANG ARIFIANTO/PR

Deretan pepohonan karet pun menghadang saat pengunjung tiba di area perkebunan. Papan penunjuk arah juga telah tersedia.

Sementara pengunjung dari Cikalongwetan atau Purwakarta tinggal mengarah ke Cipeundeuy lalu ke Perkebunan Bajabang.

Suasana sejuk langsung terasa di tengah keteduhan pepohonan karet yang menjulang tinggi. Gapura Bajabang Eduar mudah terlihat.

Libur Lebaran menjadi momen warga berekreasi di Bajabang Eduar. Pengunjug dari berbagai daerah mendatangi lokasi tersebut. Salah satunya, Irawati (38). Pengunjung asal Cikarang, Kabupaten Bekasi itu menyempatkan waktu mengunjungi Bajabang Eduar bersama keluarganya.

"Tempat wisatanya baru dan lumayan bagus," ujarnya di lokasi, Jumat 7 Juni 2019.

BAJABANG Edukasi Agrowisata/BAMBANG ARIFIANTO/PR

BAJABANG Edukasi Agrowisata/BAMBANG ARIFIANTO/PR

Ongkos masuk Bajabang Eduar juga terbilang murah. Dengan merogoh kocek Rp 5.000, Irawati sudah bisa menikmati berbagai wahana permainan yang tersedia.

Beberapa wahana tersebut adalah flyng fox, perahu mainan, jembatan bamboo, serta berbagai sajian kuliner.

Untuk bermain flyng fox, pengunjung cuma mengeluarkan uang Rp 15.000 dan untuk menaiki perahu mainan dikenai biaya Rp 10.000. Wahana lain adalah panahan dan beberapa permainan anak-anak. ‎

"Sebagai orang kota, lumayan ada semilir (udara segar)," ucapnya. Meski demikian, Irawati berharap adanya penambahan tempat penampungan sampah di lokasi itu.

Hal senada dilontarkan pengunjung lain, Marsiti. Pengunjung asal Yogyakarta itu mengapresiasi Bajabang Eduar. Objek wisata itu juga dilengkapi fasiltas musala dan toilet yang cukup representatif.***

Bagikan: