Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Cerah berawan, 29.1 ° C

Ridwan Kamil: Jagalah Nikmat Allah dalam Kehidupan Berbangsa

Novianti Nurulliah
GUBERNUR Jawa Barat, Ridwan Kamil, dan Wagub Jabar, Uu Ruzhanul Ulum, beserta keluarganya bersilaturahmi dengan masyarakat di Gedung Pakuan, Jalan Oto Iskandar Dinata, Kota Bandung, Rabu, 5 Juni 2019.*/NOVIANTI NURULLIAH/PR
GUBERNUR Jawa Barat, Ridwan Kamil, dan Wagub Jabar, Uu Ruzhanul Ulum, beserta keluarganya bersilaturahmi dengan masyarakat di Gedung Pakuan, Jalan Oto Iskandar Dinata, Kota Bandung, Rabu, 5 Juni 2019.*/NOVIANTI NURULLIAH/PR

BANDUNG, (PR).- Gubernur Jawa Barat Mochamad Ridwan Kamil mengharapkan momen Idulfitri menjadi momen perbaikan diri. Jangan sampai kebaikan yang dilakukan selama bulan Ramadan tidak diteruskan. Selain itu,  momen Idulfitri pun harus dijadikan momen sebagai pemersatu umat yang harus disyukuri. 

Ridwan Kamil mengatakannya usai salat Id di Lapangan Gasibu, yang pertama kali dilaksanakannya sebagai Gubernur Jabar, Rabu, 5 Juni 2019. Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum dan jajaran forkominda Jabar juga melakukan salat Id di sana.

"Doa saya cuma satu, semoga ketemu dengan Ramadan tahun depan. Fitri kembali bersih, naik kelas, menguatkan rasa persatuan dengan penekanan jagalah nikmat Allah, berbangsa dan bernegara dengan memperbanyak persamaan kita," ujarnya kepada wartawan.

Menurut dia, persamaan harus terus dikuatkan sehingga masyarakat Jabar yang religius bisa menjaga nikmat di tengah dinamika perbedaan. Dia menuturkan, perbedaan adalah sunnatullah atau sudah menjadi ketetapan Allah SWT. Maka, dibanding memperbanyak mempersoalkan perbedaan, lebih baik memperbanyak mencari persamaan.

"Kita beda ormas Islam tapi rukun Islam-nya kan sama, ada lima. Beda klub sepak bola favorit, tapi kan ngaji-nya sama. Kita beda parpol, tapi kan rukun iman sama. Pilpres beda, tapi kan syahadat-nya sama," ucap dia.

Ridwan pun mengajak warga Jabar menjaga nikmat Allah SWT dengan berbangsa dan bernegara di bumi Indonesia. "Pulang dari sini kita saling memaafkan. Lalu kalau ada ganjalan sekecil kerikil pun kita harus saling memaafkan," katanya.

Para pimpinan daerah bersilaturahmi setelah salat Id di Gedung Pakuan

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, mengatakan, ia mengaku senang tahun ini menjadi momen Idulfitri pertama baginya menjabat sebagai Wakil Gubernur Jawa Barat. Dia merasakan khidmatnya ibadah salat Id bersama ribuan warga Jawa Barat di Lapangan Gasibu Bandung.

Kegiatan salat Idulfitri 1440 H/ 2019 tingkat Provinsi Jawa Barat dipimpin imam salat KH. Cecep Abdullah Syahid, pimpinan Ponpes Al-Quran Al- Galah Bandung. Sementara, KH. Olan Maulana, pimpinan Pesantren Miftahul Hasanah kabupaten Bandung, sebagai khatib salat Id.

Gubernur, Wagub, dan juga Sekda Jabar Iwa Karniwa melaksanakan kegiatan  open house setelahnya di rumah dinas Gubernur Jawa Barat, Gedung Negara Pakuan. Para pimpinan daerah ini menyambut kehadiran banyak warga Jawa Barat, untuk bersilaturahim.***

Bagikan: