Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Sebagian berawan, 19.8 ° C

Pemkot Bandung Perketat Pengawasan Harga dan Stok Pangan

Muhammad Fikry Mauludy
FOTO ilustrasi pedagang daging./*DOK. PR
FOTO ilustrasi pedagang daging./*DOK. PR

BANDUNG, (PR).- Pemerintah Kota Bandung memperketat pengawasan bagi harga dan ketersediaan komoditas utama. Plt. Kepala Bidang Distribusi Perdagangan dan Pengembangan E-Commerce Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung, Iim Dewi Mulyani mengatakan, pihaknya rutin memantau harga dan ketersediaan 22 komoditas utama dan penting, termasuk gas elpiji 3 kilogram.

Pemantauan dilakukan di 33 pasar tradisional dan 61 pasar modern. Pasca kenaikan harga bawang putih di awal Ramadan lalu, pihaknya semakin memperketat pengawasan.

Iim menjelaskan, Pemkot Bandung telah beberapa kali mengintervensi harga dengan menggelar operasi pasar dan bazar murah di beberapa lokasi. Cara itu bertujuan untuk menstabilkan harga pasar.

“Sekarang harga sudah stabil. Lonjakan tidak signifikan, kecuali menjelang Idulfitri. Masyarakat akan mengonsumsi lebih dari biasanya. Dengan pasokan dari Dispangtan (Dinas Pangan dan Pertanian) insyaallah aman,” ujar Iim, dalam Bandung Menjawab, di Balai Kota Bandung, Kamis, 23 Mei 2019.

Pemerintah Kota Bandung memastikan stok pangan segar tersedia dengan aman di pasaran dengan harga yang relatif stabil. Oleh karena itu, ia mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan “panic buying”.

Di tempat yang sama, Kepala Bidang Keamanan Pangan Dispangtan Kota Bandung, Ermariah mengatakan, pihaknya telah bergerak memastikan keamanan pasokan sejak sebelum Ramadan. Dispangtan juga telah menemui pemasok bahan pangan, terutama pangan segar untuk memastikan ketersediaan pasokan di Kota Bandung.

“Kami sudah ke Ciamis menemui peternak ayam yang biasa memasok ke Kota Bandung guna memastikan bisa menyediakan kebutuhan untuk lebaran. Kami juga sudah menemui ‘feedloater’ dan pemasok telur di Blitar,” tuturnya.

Dispangtan Kota Bandung fokus mengantisipasi ketersediaan 3 komoditas yaitu ayam, daging sapi, dan telur. Setiap tahun, permintaan komoditas tersebut sering disorot melonjak naik dalam momentum menjelang Lebaran.***

Bagikan: