Pikiran Rakyat
USD Jual 14.670,00 Beli 14.370,00 | Umumnya cerah, 24.4 ° C

Polda Jabar Lakukan Pemetaan Wilayah Rawan Kejahatan

Mochammad Iqbal Maulud
KAPOLDA Jabar Inspektur Jenderal Rudy Sufahriadi saat menghadiri acara silaturahmi bersama LSM di Jalan Sumedang, Kota Bandung, Kamis 16 Mei 2019.*/ MOCHAMAD IQBAL MAULUD/PR
KAPOLDA Jabar Inspektur Jenderal Rudy Sufahriadi saat menghadiri acara silaturahmi bersama LSM di Jalan Sumedang, Kota Bandung, Kamis 16 Mei 2019.*/ MOCHAMAD IQBAL MAULUD/PR

BANDUNG, (PR).- Kapolda Jabar Inspektur Jenderal Polisi Rudi Sufahriadi melakukan silaturahmi dengan ratusan perwakilan LSM dan ormas di Kota Bandung. Silaturahmi ‎dilaksanakandalam rangka menyatukan visi dan misi untuk Bandung yang kondusif.

"Saya hanya memperkenalkan diri saja saya, dengan forum ini saya harap bisa menjaga komunikasi yang telah terjalin. Saya bisa bilang Bandung tetap kondusif, saya sebagai Kapolda Jabar yang baru, ingin kebersamaan ini terus terjaga," kata Rudi di Jalan Sumedang, Kota Bandung pada Kamis 16 Mei 2019.

‎Menurut Rudi, Polda Jabar akan terus meningkatkan patroli untuk kebaikan masyarakat. Tetapi masyarakat pun jangan juga memancing kejahatan untuk dilakukan, semisal mendatangi tempat-tempat gelap dan memang dikenal rawan kejahatan.

Seperti diketahui, akhir-akhir ini memang banyak muncul kembali berandalan bermotor di Jakarta. Karenanya perlu fungsi patroli yang terintegrasi untuk mencegah hal serupa terjadi di Jawa Barat, khususnya Kota Bandung.

‎"Pemetaan wilayah-wilayah yang rawan juga perlu dilakukan, karenanya saya instruksikan anggota lakukan pemetaan wilayah tersebut. Tujuannya tentu adalah untuk menurunkan tindak kriminalitas yang ada, apalagi pada Bulan Ramadan," ucapnya.

Hal lainnya yang dilakukan adalah dengan menyiagakan anggota di wilayah-wilayah yang rawan tersebut. Terutama daerah-daerah yang minim penerangan dan merupakan jalur yang sepi dari kendaraan.

"Ini adalah sebagai antisipasi hal-hal yang dianggap meresahkan masyarakat. Semisal daerah-daerah yang disinyalir banyak terjadi kejahatan tersebut," katanya.

Oleh karena itu Rudi juga mengimbau‎ kepada masyarakat jika menemukan adanya tindak kriminalitas untuk segera melaporkan agar ditindaklanjuti.  "Kita imbau juga kepada masyarakat, untuk turut berperan aktif dalam mengantisipasi kejadian-kejadian tindak kriminalitas," katanya.

Pada acara silaturahmi tersebut hadir beberapa pimpinan dari LSM-LSM di Kota Bandung. Selain itu hadir pula Kapolrestabes Bandung, Komisaris Besar Polisi Irman Sugema, Dandim 0619/BS, Kolonel Infanteri, Herry Subagyo.***

Bagikan: