Pikiran Rakyat
USD Jual 14.317,00 Beli 14.219,00 | Sebagian berawan, 17.7 ° C

Ingin Pastikan Dapat Kursi, Peserta Mudik Gratis Kota Cimahi Membeludak Saat Daftar Ulang

Ririn Nur Febriani
WARGA mengantre untuk melakukan daftar ulang program Mudik Gratis 2019 yang digelar Pemerintah Kota Cimahi.*RIRIN NUR FEBRIANI/PR
WARGA mengantre untuk melakukan daftar ulang program Mudik Gratis 2019 yang digelar Pemerintah Kota Cimahi.*RIRIN NUR FEBRIANI/PR

CIMAHI, (PR).- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi membuka jadwal daftar ulang peserta mudik gratis lebaran 2019 di kompleks Pemkot Cimahi, Jalan Raden Demang Hardjakusumah, Kota Cimahi, Kamis 16 Mei 2019. Masyarakat antusias melakukan daftar ulang untuk memastikan mendapat kuota mudik gratis tersebut.

Pantauan Pikiran Rakyat di lapangan, antrean warga terlihat memenuhi lorong depan Kantor Dishub Kota Cimahi sejak pagi. Mereka mendapat giliran sesuai nomor tunggu untuk melakukan daftar ulang peserta mudik gratis tersebut. Dishub Kota Cimahi menyediakan kuota sebanyak 750 orang untuk program tersebut. Namun akhirnya kuota ditambah hingga total pendaftar 848 orang.

Kasi Angkutan Dishub Kota Cimahi, Ranto Sitanggang mengatakan bahwa daftar ulang peserta mudik gratis dilakukan untuk memastikan jumlah peserta. "Kami harus memastikan jumlah peserta mudik dan kursi yang tersedia. Daftar ulang dibutuhkan untuk menentukan apakah semua pendaftar ikut program mudik gratis atau ada pembatalan," ujarnya.

Sebanyak 15 unit bus disediakan untuk program mudik gratis 2019. Melayani jalur selatan arah Solo via Yogyakarta dan jalur Utara arah Semarang. "Saat pendaftaran, kuota sudah ludes hanya dalam waktu 3 hari, padahal sudah kami tambah kuotanya," katanya.

Pihaknya memberi jadwal daftar ulang mudik gratis hingga 25 Mei 2019. "Masa daftar ulang dibuka sampai 16-25 Mei 2019, tidak tahu juga kenapa antusias saat hari pertama langsung membeludak. Mereka yang daftar sejak awal sudah masuk kuota," jelasnya.

Dishub Kota Cimahi menyusun peserta mudik gratis berdasarkan tujuan, nomor kursi, dan nomor bus. "Kami optimalkan peserta dengan jumlah kursi di bus. Tiap bus nanti menampung 59 orang. Mereka yang daftar ulang nanti langsung dapat kepastian nomor bus dan nomor kursi sesuai jumlah yang didaftarkan per-KK," imbuhnya.

Jika terdapat peserta mudik batal ikut, lanjut Ranto, pihaknya menbuka kesempatan bagi warga lain yang belum terakomodasi. "Memang ada daftar tunggu mudik gratis, kami melihat dari daftar ulang kalau ada yang batal ikut mereka bisa masuk," ungkapnya.

Menurut dia, larisnya kuota mudik gratis disebabkan program ini turut meringankan beban masyarakat. "Kalau harus naik bus umum, mereka mengeluh harga tiket mahal. Dengan adanya mudik gratis betul-betul sangat membantu masyarakat," ujarnya.

Dishub Kota Cimahi juga bekerjasama dengan Jasa Raharja untuk memfasilitasi jaminan asuransi kecelakaan dalam program mudik gratis ini. "Dengan program ini diharapkan mengurangi kemacetan, tentunya harapan mereka tiba dengan selamat ke lokasi tujuan," jelasnya.

Salah satu peserta mudik gratis Kota Cimahi 2019, Dedi (40) mengatakan dirinya langsung melakukan daftar ulang di hari pertama untuk memastikan masuk kuota. "Kebetulan saya ada waktu hari ini. Mudah-mudahan tidak ada perubahan dalam daftar sehingga keluarga saya bisa ikut mudik gratis," katanya.***

Bagikan: