Pikiran Rakyat
USD Jual 14.605,00 Beli 14.305,00 | Sebagian berawan, 19.9 ° C

Tak Dilengkapi Surat Kendaraan, Angkutan Barang Terjaring Operasi

Cecep Wijaya Sari
PETUGAS kepolisian memeriksa kendaraan pengangkut barang dalam operasi gabungan di Jalan Batujajar-Cimareme, Kabupaten Bandung Barat, Rabu, 15 Mei 2019.*/CECEP WIJAYA SARI/PR
PETUGAS kepolisian memeriksa kendaraan pengangkut barang dalam operasi gabungan di Jalan Batujajar-Cimareme, Kabupaten Bandung Barat, Rabu, 15 Mei 2019.*/CECEP WIJAYA SARI/PR

NGAMPRAH, (PR).- Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung Barat dan Kepolisian Resor Cimahi menggelar operasi gabungan di Jalan Raya Cimareme-Batujajar, Rabu, 15 Mei 2019. Beberapa kendaraan angkutan barang terjaring operasi lantaran tak memiliki kelengkapan surat kendaraan.

Beberapa kendaraan angkutan barang tersebut tidak memiliki surat kir sebagai bukti kelaikan kendaraan. Petugas terpaksa memberhentikan kendaraan tersebut untuk dilakukan penindakan.

Kasi Pengendalian dan Pengawasan pada Dinas Perhubungan KBB Waskim mengungkapkan, sasaran operasi gabungan ini, yaitu kendaraan umum dan kendaraan pengangkut barang. "Sasarannya, kendaraan besar seperti truk boks dan kendaraan pengangkut barang lainnya," ujarnya di lokasi.

Menurut dia, operasi tersebut merupakan upaya petugas untuk menertibkan sejumlah kendaraan menjelang mudik Lebaran. Hal itu juga bertujuan untuk menjaga keselamatan pengendara dengan memastikan kelaikan kendaraannya.

Menjelang Lebaran nanti, Dishub KBB juga akan melakukan rampcheck terhadap sejumlah bus di jalur mudik. Kendaraan yang tidak laik jalan, akan diberhentikan dan diminta untuk mendatangkan kendaraan pengganti bagi penumpang.

Sementara itu, Kanit Dikyasa Satlantas Polres Cimahi Deden Indrajaya menuturkan, operasi gabungan ini juga digelar sebagai persiapan Operasi Ketupat Lodaya 2019. Sasaran utamanya, yaitu kendaraan umum dan pengangkut barang berukuran besar.

"Kami periksa kelengkapan surat-suratnya, seperti kir. Yang tidak memilikinya, kami amankan untuk keselamatan mereka juga," ujarnya.

Dia menuturkan, operasi kelengkapan surat dan kelaikan kendaraan tersebut dilakukan di beberapa ruas jalan di wilayah hukum Polres Cimahi. Terutama, di sejumlah titik rawan kecelakaan, seperti di jalan nasional ataupun provinsi.

"Bekerja sama dengan Dishub, kami juga melakukan ramcek kendaraan angkutan barang untuk memastikan kendaraan tersebut laik jalan," tuturnya.

Seperti diketahui, pada mudik Lebaran, fokus pengaturan lalu lintas di Bandung Barat tertuju di Lembang dan Padalarang. Pasca-Lebaran, wilayah Lembang jadi prioritas lantaran banyak warga yang mengunjugi sejumlah tempat wisata.

Untuk itu, Dishub KBB juga menyiapkan sejumlah personel serta rambu-rambu lalu lintas, termasuk di beberapa jalur alternatif. Pengendara diminta untuk mematuhi rambu-rambu dan mengikuti arahan petugas agar kemacetan tidak terlalu parah.***

Bagikan: