Pikiran Rakyat
USD Jual 14.317,00 Beli 14.219,00 | Langit umumnya cerah, 17 ° C

Polres Bandung Antisipasi Kemacetan Nagreg di Hari Lebaran

Handri Handriansyah
Jalur Nagreg.*/DOK PR
Jalur Nagreg.*/DOK PR

SOREANG, (PR).- Kepolisian Resor Bandung menitikberatkan antisipasi membludaknya pemudik lokal di jalur Nagreg, jelang arus mudik Idulfitri 1440 H/2019. Hal itu dilansir sebagai salah satu faktor utama terjadinya kemacetan cukup parah di jalur tersebut pada lebaran tahun lalu.

Kapolres Bandung Ajun Komisaris Indra Hermawan mengakui bahwa kemacetan di jalur Nagreg pada hari H lebaran 2018 merupakan salah satu titik perhatian utama tahun ini. "Selain itu, operasi ketupat tahun ini beririsan dengan operasi mantap brata," ujarnya seusai Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Ketupat Lodaya 2019 di Mapolres Bandung, Rabu, 15 Mei 2019.

Menurut Indra, waktu yang beririsan tetap harus menjamin kedua operasi tersebut berjalan dengan optimal. Dengan begitu arus mudik dan balik lebaran bisa lancar dan keamanan serta kondusivitas wilayah terjaga.

Terkait jalur Nagreg, Indra mengakui bahwa tahun lalu pihaknya kecolongan sehingga di luar prediksi terjadi kemacetan pada hari H. "Tahun ini kami akan antisipasi pemudik lokal," ujarnya.

Sebagai pendukung antisipasi tersebut, Indra mengaku akan mengerahkan personel tambahan di jalur Nagreg pada hari H. Apalagi seperti tahun lalu, tahun ini pun libur lebaran cukup panjang.

"Sebelum lebaran waktu liburnya panjang. Begitu pula setelah lebaran tersisa waktu pendek sampai masuk kerja," tutur Indra.

Terkait jalur, Indra mengaku pihaknya juga sudah meninjau jalur alternatik Sapan-Cijapati dan Ibun-Samarang. Namun kedua jalur tersebut membutuhkan perhatian khusus karena kondisi jalannya yang relatif lebih sempit dan curam.

"Untuk jalur Sapan kami tidak sarankan untuk dilalui oleh pemudik pada malam hari kecuali dengan pengawalan. Untuk jalur Ibun jalannya menurun, sehingga kami akan pasang pembatas jalan dan karung di pinggir jalan agar tidak terjadi fatalitas saat terjadi kecelakaan," kata Indra.***

Bagikan: