Pikiran Rakyat
USD Jual 14.317,00 Beli 14.219,00 | Sebagian berawan, 17.7 ° C

Pemkot Bandung Siapkan Dana Bantuan Masjid

Muhammad Fikry Mauludy
PEMBANGUNAN Masjid terapung Al Jabar yang hampir rampung di Gedebage, Kota Bandung, Rabu, 15 Mei 2019. Selain menjalankan program Tarawih Keliling Safari Ramadan 2019, Pemerintah Kota Bandung akan menyiapkan dana bantuan untuk masjid.*/ARIF HIDAYAH/PR
PEMBANGUNAN Masjid terapung Al Jabar yang hampir rampung di Gedebage, Kota Bandung, Rabu, 15 Mei 2019. Selain menjalankan program Tarawih Keliling Safari Ramadan 2019, Pemerintah Kota Bandung akan menyiapkan dana bantuan untuk masjid.*/ARIF HIDAYAH/PR

BANDUNG, (PR).- Pemerintah Kota Bandung mulai menjalankan program Tarawih Keliling Safari Ramadan 2019. Pada Tarawih Keliling Safari Ramadan 2019 ini, Pemerintah Kota Bandung juga menyiapkan dana bantuan untuk masjid.

Malam tarawih pertama digelar di Masjid Khusnul Khotimah, Jalan Sagitarius, Kelurahan Gumuruh, Kecamatan Batununggal, Selasa, 14 Mei 2019. Acara dihadiri Wali Kota Bandung Oded M. Danial, Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, Sekretaris Daerah Ema Sumarna, jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Bandung, serta dari unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Oded mengatakan, Pemkot Bandung sudah menyiapkan bantuan dana untuk masjid di 151 kelurahan dan 30 kecamatan. Untuk masjid kecamatan akan diberi bantuan sebesar Rp 10 juta, sedangkan masjid kelurahan akan diberi bantuan sebesar Rp 5 juta.

“Tarling merupakan bagian dari program safari Ramadan, para pimpinan Kota Bandung bersama jajaran OPD akan keliling masjid di enam eks wilayah. Dalam dua pekan akan kita selesaikan semuanya,” kata Oded, seperti dilansir Humas Pemkot Bandung.

Oded berharap bantuan Pemkot Bandung bisa turut berkontribusi‎ untuk memakmurkan masjid. Di kesempatan Tarawih Keliling Safari Ramadan pertama ini, Oded juga memberikan bantuan dan sejumlah Alquran. Sejumlah bantuan itu diharapkan mampu dimanfaatkan secara maksimal untuk merangsang beragam kegiatan keagaman dalam rangka mendukung visi Bandung Agamis.

“Tentu harapan kami dengan ada program bantuan baik itu quran maupun dana bisa bermanfat. Jangan lihat nilainya tapi kami punya kepedulian agar lebih bermanfaat,” ujarnya.

Oded melihat masyarakat di Kecamatan Batununggal merespons baik kegiatan itu. Termasuk pada acara Safari Ramadan ini juga diisi dengan banyak stan bazar dari masyarakat, serta berbagai perlombaan. Warga tumpah ruah menikmati acara tersebut.

Oded berharap soliditas yang dtunjukan Kecamatan Batununggal ini bisa dibangun di wilayah lainnya. Sehingga, kata dia, pembangunan di Kota Bandung semakin mudah karena didukung oleh partisipasi masyarakat.

“Saya melihat program di Batununggal bagus. Kemarin, Jumat ada tadarus keliling, dan hari ini juga memperlihatkan masyarakat kompak. Jadi mari bangun kekompakan di Kota Bandung ini agar kita bisa menghadapi persoalan menjadi lebih ringan,” katanya.

Program itu beriringan dengan Safari Senyum Ramadan 2019. Selama Ramadan 1440 H, Tim Penggerak (TP) PKK dan Forum Bandung Sehat (FBS) Kota Bandung berkeliling ke banyak titik di Kota Bandung untuk menggelar Safari Senyum Ramadan. Bekerja sama dengan Baznas Kota Bandung, tim ini akan memberikan santunan dan perhatian kepada ribuan kaum duafa.

“Hingga hari ini sudah tersantuni kurang lebih 800 duafa, anak yatim. Dari target 1.500. Dari 1 hari tiga kecamatan yang kita datangi. Dari 1.500 memang masih kurang. Harapannya ini bisa memicu masyarakat yang lain bisa memberikan perhatian khusus untuk anak yatim,” ujar Ketua TP PKK Kota Bandung Siti Muntamah Oded, seusai Safari Senyum Ramadan. 

Bagikan: