Pikiran Rakyat
USD Jual 14.118,00 Beli 14.216,00 | Sebagian cerah, 30 ° C

Raih 120.000 Suara, Politisi Golkar Melaju ke Senayan

Ecep Sukirman
ANANG Susanto.*/DOK. PR
ANANG Susanto.*/DOK. PR

SOREANG, (PR).- Salah satu politisi putra daerah Kabupaten Bandung yang juga Ketua DPRD Kabupaten Bandung, Anang Susanto, dipastikan melaju ke Senayan. Politisi Partai Golkar ini meraih perolehan suara sebanyak 120 ribu pada pemilihan legislatif daerah pemilihan Jabar II yakni Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat.

“Alhamdulillah dukungan masyarakat Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat, akhirnya pak Anang berhasil meraih suara terbanyak mencapai 120 ribu. Jumlah itu berdasarkan data DA1 yang sudah terkumpul,” ungkap Ketua Tim Pemenangan Anang Susanto, M. Subhansyah di Soreang, Senin 29 April 2019 malam.

Dikatakan Subhan, jumlah DA1 yang sudah terkumpul saat ini sebanyak 98 persen dan tinggal menyisakan 2 kecamatan dari 47 kecamatan di daerah pemilihan Jabar II ini. Meski saat ini perolehan suara Anang sudah melampaui caleg DPR RI lainnya dari Partai Golkar, namun pihaknya belum mau tergesa-gesa menggelar syukuran kemenangan ini. Subhan mengaku saat ini pihaknya masih menunggu keputusan hasil tabulasi suara yang diumumkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung.

“Berdasarkan data DA1 yang sudah kami kantongi, kami optimistis pak Anang dipastikan melaju ke Senayan. Kami tetap bekerja dan terus mengawal ini (perolehan suara) hingga selesai,” ucap dia.

Subhan mengaku, perjuangan Anang Susanto untuk bisa duduk di parlemen ini memang banyak rintangan yang harus dihadapi. Namun demikian, satu per satu rintangan itu dapat dilalui hingga akhirnya Anang pun mendapat suara terbanyak pada pileg DPR RI ini. Atas hal tersebut, lanjut Subhan, pihaknya pun mengusung semangat “Mengawal Putra Daerah ke Senayan”. Hal itu dianggap perlu dilakukan untuk menggelorakan semangat masyarakat di Dapil Jabar II ini mengawal putra daerahnya yang menjadi perwakilan di DPR RI.

“Dengan harapan jika ada putra daerah yang duduk di DPR RI ini mampu meningkatkan taraf kesejahteraan daerahnya. Putra daerah tidak akan melupakan daerahnya sendiri,” tutur Subhan.

Mengawal kemenangan

Meski saat ini pihaknya belum mendeklarasikan hasil kemenangan ini, Subhan mengaku, atas nama Anang Susanto pihaknya mengucapkan banyak terima kasih kepada warga Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat yang telah mendukung Anang Susanto hingga memperoleh dukungan suara mencapai 120.000.

“Perjuangan Pak Anang banyak rintangan dan hambatan sehingga, masyarakat harus mengawal kemenangan ini hingga pelaksanaan pelantikan di Senayan, Jakarta,” kata Subhan.

Untuk diketahui, KPU Kabupaten Bandung  melakukan rapat pleno terbuka rekapitulasi suara pemilu 2019, selama tiga hari. Ketua KPU Kabupaten Bandung Agus Baroya mengatakan, proses rekapitulasi dilakukan dari Senin 29 April hingga Rabu 1 Mei 2019.

“Sesuai dengan PKPU Nomor 10 tahun 2018 tentang tahapan pemilu, untuk Kabupaten/Kota rekapitulasi dilaksanakan dari 20 April hingga 7 Mei. Kami mengambil 29 April hngga 1 Mei,” tutur Agus.

Proses rekapitulasi suara tingkat Kabupaten Bandung ini, kata Agus, dilakukan karena sebagian besar PPK sudah selesai melakukan rekapitulasi. “Jadi memang ada kemungkinan atau bisa dijalankan paralel tidak harus menunggu seluruh kecamatan di Kabupaten Bandung selesai. Kita akan melakukan hal yang sama, yang penting 16 kecamatan sudah siap melaksanakan penghitungan dan pembacaan hasil pemilu pada rapat pleno terbuka rekapitulasi di tingkat KPU Kabupaten Bandung ini. Sementara 15 kecamatan lainnya segera menyiapkan,” kata Agus kepada wartawan di sela-sela rapat pleno terbuka tersebut.

Dalam rapat pleno tersebut turut dihadiri jajaran Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bandung, para saksi, tim sukses, dan pengamaman dari tim gabungan yang berasal dari jajaran Polres Bandung, Brimob Polda Jabar, TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung yang mencapai 450 personel.

Pengamanan rapat pleno pemilu 2019 itu dibagi dalam tiga ring. Pengamanan ring pertama di dalam gedung, kedua di tempat parkir dan ke tiga di jalur jalan masuk ke kawasan gedung dimana dilaksanakannya rapat pleno rekapitulasi pemilu tersebut.***

Bagikan: