Pikiran Rakyat
USD Jual 14.289,00 Beli 14.191,00 | Sedikit awan, 21.8 ° C

Kajati Jabar Minta Jaksa Pulihkan Citra Kejaksaan

Yedi Supriadi
KAJATI Jabar Raja Nafrizal saat melantik pejabat kejaksaan.*/ YEDI SUPRIYADI/PR
KAJATI Jabar Raja Nafrizal saat melantik pejabat kejaksaan.*/ YEDI SUPRIYADI/PR

BANDUNG, (PR). - Jajaran Kejati Jabar diharapkan ikut memulihkan citra Korps Adhyaksa. Hal ini terkait dengan adanya kekurangan yang harus dibenahi di tengah sorotan dan kritikan tajam dari masyarakat.

"Sorotan dan kritikan yang ditujukan masyarakat kepada institusi kejaksaan sesungguhnya merupakan bentuk ekspresi perhatian. Di dalamnya terkandung harapan sekaligus tuntutan agar kejaksaan sebagai institusi penegak hukum senantiasa dapat menjalankan tugas pokok dan fungsi serta kewenangan yang telah diamanahkan oleh undang-undang secara konsisten dan sungguh-sungguh," kata Kajati Jabar, Raja Nafrizal, di Kantor Kejati Jabar, Jalan L.L.R.E Martadinata, Kota Bandung, Kamis 25 April 2019.

Raja berharap, di tahun ini khusus di lingkungan Kejati Jabar, seluruh insan adhyaksa bisa menjawab segala harapan dan tuntutan masyarakat dengan kerja dan karya nyata. Salah satunya melalui pembenahan organisasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Ini harus dijadikan pegangan dan menjadi keharusan untuk memulihkan kepercayaan publik serta meningkatkan citra institusi," tegasnya.

Ia menambahkan, kemampuan profesionalisme yang tinggi saja tidaklah cukup. Dalam penegakkan hukum, ujarnya, diperlukan integritas kepribadian yang tinggi dari pejabat penegak hukum

"Integritas yang teguh dan utuh serta memiliki kepekaan atas rasa keadilan yang tumbuh dalam masyarakat," tambah Raja.

Dalam rangka pembenahan tersebut, hari ini Kajati Jabar melantik Asisten Intelijen dan dua orang Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari). Pelantikan yang digelar di aula Kejati Jabar ini dihadiri oleh para Asisten, para kepala Kejari se-Jawa Barat, para koordinator, para pejabat eselon IV dan para pengurus IAD wilayah Jabar dan IAD se-Jabar.

Berdasarkan Surat Keputusan Jaksa Agung RI Nomor: KEP-072/A/JA/03/2019 tanggal 6 Maret 2019, Kajati Jabar melantik Luchterin Tedjosunarno, SH.,MH sebagai Kepala Kejari Kuningan menggantikan Adhyaksa Darma Yuliano, SH.,MH yang sekarang menjabat sebagai Kabag TU pada Jampidum Kejaksaan Agung RI.

Selain itu, juga dilantik Dr. Patris Yusrian Jaya, SH.,MH sebagai Asisten Intelijen Kejati Jabar menggantikan Hutama Wisnu, SH.,MH yang sekarang menjabat sebagai Asdatun Kejati Jabar. Sebelumnya, Patris menjabat sebagai Kepala Kejari Jakarta Barat.

Pejabat lainnya yang dilantik yaitu Sri Tatmala Wahanani, SH sebagai Kepala Kejari Kabupaten Tasikmalaya menggantikan Laswan, SH yang dimutasi menjadi Asdatun Kejati Maluku. Sri sebelumnya menjabat sebagai Kepala Kejari Tanah Laut di Pelaihari.***

Bagikan: