Pikiran Rakyat
USD Jual 14.280,00 Beli 14.182,00 | Umumnya berawan, 18.7 ° C

Anggota Polres Bandung Meninggal Saat Amankan Pemilu 2019, Kapolda Jabar Serahkan Santunan

Ecep Sukirman
ILUSTRASI pencoblosan tps pemilu KPU pileg.*/DOK.PIKIRAN RAKYAT
ILUSTRASI pencoblosan tps pemilu KPU pileg.*/DOK.PIKIRAN RAKYAT

SOREANG, (PR).- Kapolda Jabar Irjen Pol. Agung Budi Mayoto, Kamis, 25 April 2019 siang, menyerahkan santunan kepada keluarga almarhum Aipda Anumerta Saepudin, anggota Polres Bandung yang meninggal usai bertugas mengawal kotak suara Pemilu 2019. Ia mengalami sakit setelah bertugas, dan meninggal di rumah sakit.

Penyerahan santunan langsung diserahkan kapolda kepada istri almarhum Titin Sutini di Aula Sabilulungan Mapolres Bandung.

Untuk diketahui, alharhum merupakan anggota polisi dari Polsek Cileunyi yang bertugas melakukan pengamanan TPS 49, Cilengkrang Kabupaten Bandung. Ditegaskan Kapolda Jabar, sudah menjadi kewajiban dirinya untuk mengurus hak-hak almarhum, di antaranya membuat surat ke Kapolri untuk dinaikkan pangkatnya setingkat lebih tinggi karena gugur saat menjalankan tugas.

“Tentu saya atas nama pimpinan Polda Jabar turut berduka cita atas musibah yang menimpa anggota kami, almarhum Aipda Anumerta Saepudin anggota Polsek Cileunyi. Yang bersangkutan selesai mengawal kotak suara kemudian mengalami sakit dan kemudian meninggal di rumah sakit. Dalam konteks asuransi, segera membuat permohonan ke Asabri, sehingga keluarga almarhum akan segera mendapatkan haknya dengan nominal besaran santunan sekitar Rp 400 juta lebih,” kata dia seusai penyerahan santunan di Mapolres Bandung.

Kapolda Jabar Irjen Pol. Agung Budi Mayoto, Kamis, 25 April 2019 siang, menyerahkan santunan kepada keluarga almarhum Aipda Anumerta Saepudin, anggota Polres Bandung yang meninggal saat mengawal kotak suara Pemilu 2019.*/ECEP SUKIRMAN/PR

Disinggung mengenai jumlah anggota kepolisian di Polda Jabar yang meninggal saat bertugas pada masa pemilu ini, Agung mengatakan, terdapat 2 orang anggota kepolisian yang meninggal, yakni Aipda Anumerta Saepudin anggota Polres Bandung dan Aipda Anumerta Mashadi, anggota Polres Indramayu.

Sejauh ini, kapolda menegaskan, kondisi Jabar paskapemilu 2019 berlangsung aman dan kondusif. Bahkan gangguan kamtibmas hingga Kamis, 25 April 2019, di seluruh wilayah Polda Jabar cenderung menurun.

“Gangguan kamtibmas cederung menurun dari biasanya 50 menjadi 32 kasus. Artinya kejahatan menurun. Ini berkat peran masyarakat Jabar. Saya beberapa kali mengingatkan masyarakat Jabar adalah masyarakat yang santun, agamis, dan religius. Ini terbukti. Tidak ada kasus-kasus gangguan kamtibmas yang berkaitan dengan pemilu,” ucap dia seraya menambahkan pihaknya mengimbau masyarakat menjaga diri karena institusi yang sah secara undang-undang yang diberikan kewenangan untuk menghitung suara adalah KPU. “Kita tunggu dan hormati itu,” kata dia.***

Bagikan: