Pikiran Rakyat
USD Jual 14.280,00 Beli 14.182,00 | Umumnya berawan, 18.7 ° C

Server KPU Sering Gangguan, Input Data Suara Berjalan Lamban

Ririn Nur Febriani
PROSES input data suara yang dilakukan para operator KPU Cimahi.*/RIRIN NUR FEBRIANI/PR
PROSES input data suara yang dilakukan para operator KPU Cimahi.*/RIRIN NUR FEBRIANI/PR

CIMAHI, (PR).- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cimahi mengalami kendala dalam proses input data rekapitulasi hasil perolehan suara Pemilu Serentak 2019 ke laman resmi. Koneksi server data KPU pusat yang tidak stabil kerap membuat proses terhambat, disamping validasi data yang harus tepat sehingga input data cukup lambat.

"Tinggal diproses validasi saja, angka yang diinput ke website harus sesuai dengan data C1 dari TPS hasil scan," ujar Aulia, staf input data KPU Kota Cimahi di Kantor KPU Kota Cimahi, Jalan Pesantren, Kota Cimahi, Selasa 23 April 2019.

Penghambat proses entri data setelah proses validasi terlewati adalah server yang sering crash atau down. "Kalau di layar sudah muncul bad server atau error, ya artinya server KPU ini down atau gangguan. kami harus menunggu sampai diperbaiki dulu, cukup lama juga prosesnya," terangnya.

Secara teknis, proses entri data pada pelaksanaan Pemilu 2019 lebih rumit ketimbang pelaksanaan Pilgub 2018 atau Pilwalkot 2017. "Karena hanya satu jenis surat suara, kalau yang sekarang lebih banyak jadi itu kendalanya. Sedangkan ditarget minggu ini selesai," jelasnya. 

Berdasarkan hasil entri data terakhir, dari 1572 TPS di 15 kelurahan, baru 193 TPS yang hasil rekapitulasinya berhasil diinput ke laman KPU, atau hanya sekitar 12 persen.
Komisioner KPU Kota Cimahi, Djayadi Rachmat mengatakan proses entri sebetulnya bisa selesai lebih cepat bila ditunjang dengan kesiapan sarana dan prasarana.

"Kalau petugas sebetulnya siap. Kami total mempekerjakan 22 petugas input data dengan 22 komputer. Mereka kerja 24 jam. Tapi hasilnya lambat karena proses entri yang terkendala server down," katanya.

Dari tiga kecamatan, TPS di Kecamatan Cimahi Tengah sama sekali belum diproses datanya. Sedangkan yang paling banyak yakni Kecamatan Cimahi Utara dan Kecamatan Cimahi Selatan.***

Bagikan: