Pikiran Rakyat
USD Jual 14.280,00 Beli 14.182,00 | Umumnya cerah, 26 ° C

Real Count Pemilu 2019 di Jawa Barat Bisa Dipantau di KPU Jawa Barat, Hasil Sementara Masih Salip-Menyalip Jumlah Suara

Okky Ardiansyah
PILPRES 2019/ANTARA
PILPRES 2019/ANTARA

BANDUNG, (PR).- Salip-menyalip perolehan surat suara antara pasangan capres-cawapres Joko Widodo-Ma'ruf Amin dengan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno tergambar dalam hasil perhitungan (real count) di Komisi Pemilihan Umum Jawa Barat. KPU Jabar mulai menampilkan hasil rekapitulasi suara sementara pada Kamis, 18 April 2019.

Dari pantauan “PR”, pada pukul 12:30 WIB, Jokowi-Ma'ruf Amin sempat unggul dengan perolehan 7.045 suara (51,89 persen). Sedangkan, saat itu, Prabowo-Sandiaga Uno memeroleh 6.532 suara (48,11 persen). 

Situasi berbalik pada pukul 14:45 WIB. Prabowo-Sandiaga tercatat memimpin perhitungan real count dengan perolehan suara 18.437 (56,52 persen). Sementara, Jokowi-Ma'ruf Amin mendapatkan 14.186 surat suara (43,48 persen). 

Rekapitulasi berdasarkan C1 yang dikirimkan KPU kabupaten/kota

SEORANG penyandang disabilitas netra mengikuti pemungutan suara Pemilihan Umum 2019 di Tempat Pemungutan Suara Kelurahan Nagrikaler Kecamatan Purwakarta Kabupaten Purwakarta, Rabu, 17 April 2019. Pemilih disabilitas tersebut belum mendapatkan kebebasan karena tidak semua jenis surat suara disediakan templat beraksara braille.*/HILMI ABDUL HALIM/PR

Menurut ketua KPU Jabar, Rifqi Ali Mubarok, hasil real count tersebut baru didapatkan dari empat kabupaten/kota, yakni Kabupaten Indramayu, Kabupaten Bandung Barat, Kota Banjar, dan Kabupaten Ciamis. Berdasarkan data sementara itu, Jokowi-Ma'ruf Amin hanya unggul di daerah Indramayu. 

Meski demikian, Rifqi mengatakan bahwa perhitungan real count saat ini belum bisa jadi acuan kemenangan satu pasangan calon di daerah bersangkutan. Pasalnya, data yang diperoleh saat ini berdasarkan data sementara dari  KPU Kota/Kabupaten. 

"Masih kota kecil, kok. Hanya, kami berkewajiban untuk mempublikasikan setiap surat C1 yang kami terima. Sejauh ini hasilnya seperti itu,"  kata Rifqi di kantor KPU Jabar, Jalan Garut Kota Bandung, Kamis, 18 April 2019.

"Pergerakan (perolehan suara)itu bisa dipantau di KPU Jabar. Jadi masyarakat sebenarnya bisa memantau juga," katanya melanjutkan.

Hasil final real count KPU Jabar, kata Rifqi, baru akan keluar empat sampai lima hari mendatang. Saat ini, hasil perolehan suara kedua pasangan capres-cawapres masih bisa berubah-ubah.***

Bagikan: