Pikiran Rakyat
USD Jual 14.616,00 Beli 14.316,00 | Badai petir, 26.4 ° C

KPU Jabar Siap Gelar Pemungutan Suara Lanjutan

Okky Ardiansyah
ILUSTRASI surat suara.*/GELAR GANDARASA/PR
ILUSTRASI surat suara.*/GELAR GANDARASA/PR

BANDUNG, (PR).- KPU Daerah Jawa Barat akan segera menggelar pemungutan suara lanjutan di delapan Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang kekurangan atau tertukarnya  surat suara. Delapan TPS itu tersebar di daerah Kabupaten Cianjur, Kabupaten Subang, dan Kota Bekasi. 

Ketua KPUD Jabar Rifqi Ali Mubarok menyebut bahwa latar belakang dilakukannya pemungutan suara lanjutan di setiap daerah berbeda-beda. Dalam kasus Kabupaten Cianjur misalnya, 5 TPS harus melakukan pemungutan suara lanjutan karena tertukarnya surat suara untuk DPRD Kabupaten Cianjur.

Pun demikian dengan satu TPS di Kabupaten Subang mengalami kendala serupa. Sedangkan, dua TPS di Kota Bekasi mesti memungut suara lanjutan untuk tingkat DPR RI karena surat suara kurang atau tertukar.

"Atas rekomendasi Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) ada delapan TPS yang harus melakukan pemungutan suara lanjutan," kata Rifqi di kantor KPUD Jabar, Jalan Garut, Kota Bandung, Kamis 18 April 2019.

Rifqi mengatakan, pemungutan suara lanjutan berbeda dengan pemungutan suara ulang. Pemungutan suara lanjutan cuma melakukan pencoblosan untuk surat suara yang gagal dilakukan pada Rabu 17 April 2019. Ambil contoh satu TPS di Kota Bekasi hanya mencoblos surat suara DPR RI.

"Kami hanya melanjutkan pemungutan surat suara untuk tingkatan yang belum saja. Kalau ulang, semua pemilihan dilakukan kembali. Dengan asumsi 200 suara tiap TPS, maka ya dikalikan saja dengan delapan TPS yang akan melakukan pemungutan suara lanjutan," tuturnya.

Untuk waktu pemungutan lanjutan, Rifqi akan menjadwalkan secepat mungkin. Pasalnya, KPUD Jabar cuma diberi waktu dua minggu terhitung sejak 18 April 2019.***

Bagikan: