Pikiran Rakyat
USD Jual 14.068,00 Beli 13.768,00 | Langit umumnya cerah, 15.5 ° C

Asep Balon, dari Media Sosial ke Panggung Hiphop

Gugum Rachmat Gumilar
ASEP Balon.*
ASEP Balon.*

BERMULA dari akun candaan saat Twitter jadi media sosial andalan, Asep Balon menjelma menjadi rapper berbakat dari tanah Pasundan. Channel Youtube-nya yang menjadi tempat menyimpan beberapa karya ciptaan, kini telah dilanggan oleh sedikitnya 143 ribu orang. 

Bersama beberapa kawan, Asep Balon bahkan membuat sebuah grup serupa paguyuban, menampung rapper-rapper asal daerah Majalaya sebagai kampung kelahiran. Grup itu bernama Majatribe yang juga mulai dikenal di panggung hiphop tanah air. 

Saat berkunjung ke Kantor Pikiran Rakyat Digital belum lama ini, Asep Balon mengisahkan bahwa perjalannya di dunia hiburan memang berawal dari akun publik. Bermula dari akun infocapruk yang memang masyhur di kalangan warga Jawa Barat, sampai akhirnya menggunakan nama Asep Balon. Awal perjalanan ini pula yang membuat sang rapper tetap menyembunyikan identitas meski sekarang lebih banyak berkecimpung di bidang musik. 

"Waktu masih di Twitter juga anonim. Tidak perlu lah orang tahu wajah saya seperti apa dan saya itu siapa. Saya ingin orang menghargai dan mengapresiasi pada apa yang saya buat, karya saya. Bukan pada orangnya," kata Asep Balon. 

Asep Balon menyebut, karya pertamanya di dunia hiphop dibuat secara iseng. Lebih tepatnya sebagai ucapan selamat hari jadi pada sesama akun candaan bernama Dadang Konelo, yang juga tak kalah digandrungi follower tatar Pasundan yang butuh hiburan. 

"Saya diminta bikin ucapan. Orang lain kan bikin ucapan biasa, saya pengen yang beda. Akhirnya saya ngerap bercanda dengan bahasa Sunda. Dari sana, sekitar 2015, dimulai lah karya-karya lagu hiphop, seperti lagu Fotobaper dan lainnya," kata Asep Balon dalam wawancara yang versi lengkapnya bisa disaksikan di channel Youtube Pikiran Rakyat.***

Bagikan: