Pikiran Rakyat
USD Jual 14.150,00 Beli 13.850,00 | Umumnya berawan, 22.8 ° C

Ridwan Kamil Gelar Lomba Selfie Sehabis Nyoblos

Novianti Nurulliah
GUBERNUR Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan arahannya saat peresmian Jabar Saber Hoaks di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Jumat, 7 Desember 2018. Jabar Saber Hoaks merupakan lembaga yang akan memverifikasi konten dan informasi hoaks khususnya di Jawa Barat.*/ANTARA
GUBERNUR Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan arahannya saat peresmian Jabar Saber Hoaks di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Jumat, 7 Desember 2018. Jabar Saber Hoaks merupakan lembaga yang akan memverifikasi konten dan informasi hoaks khususnya di Jawa Barat.*/ANTARA

BANDUNG,(PR).- Untuk membuat Pemilu 2019 meriah, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menggelar sayembara swafoto pemilih, penyelenggara dan TPS yang kreatif maupun unik pada saat hari pemungutan suara, Rabu, 17 April 2019. Dalam setiap kategorinya, dirinya akan memberikan hadiah Rp 15 juta untuk pemenang pertama, Rp 10 juta untuk pemenang kedua, dan Rp 5 juta untuk pemenang ketiga.

Hal itu diungkapkan Ridwan Kamil dalam kegiatan Jabar Punya Informasi (Japri) di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Selasa, 16 April 2019. "Saya akan apresiasi TPS dengan dekorasi terunik, uang Rp 15 juta untuk TPS pemenang pertama, Rp 10 juta untuk yang kedua, dan Rp 5 juta untuk yang ketiga," kata dia.

Selain itu, dia pun akan memberikan hadiah uang kepada TPS dengan angka partisipasi pemilih tertinggi se-Jabar dari 130.000 lebih TPS yang ada. Untuk diketahui, Pemprov Jabar menargetkan partisipasi pemilih pada tahun 2019 di angka 80 persen.

Dalam penyelenggaraan lomba petugas TPS, Ridwan Kamil akan melibatkan wartawan untuk verifikasinya. "Kami akan melihat dari versi wartawan. Biar wartawan yang menentukan mana TPS paling heroik," katanya.

Sementara itu, untuk para pemilih ini adalah lomba berfoto di depan TPS, selfie atau wefie dengan gaya yang unik di kawasan TPS bukan di dalam bilik suara. "Untuk pemilih, akan ada lomba selfie terunik di depan TPS dengan gaya paling unik dan aman. Hadiahnya sama, Rp 15 juta untuk pemenang pertama, Rp 10 juta pemenang kedua, dan Rp 5 juta pemenang ketiga," katanya.

Dia menambahahkan, untuk lomba foto selfie atau wefie ini harus aman atau bersifat netral tanpa menunjukkan dukungan terhadap salah satu calon presiden maupun -legislatif. Adapun teknis sayembara ini harus diunggah di akun sosial media Instagram masing-masing, tag dan mention akun Instagram Ridwan Kamil (@ridwankamil) serta Humas Jabar (@humasjabar), dan sertakan tagar #PemiluJabarGembira.

Lebih jauh, Ridwan Kamil mengatakan, Pemprov Jabar siap menyukseskan penyelenggaraan Pemilu 2019. Dia pun meminta kepada warga Jabar yang memiliki hak pilih untuk menggunakannya, jangan sampai tidak memilih. Hal ini untuk diketahui pelaksanaan pesta demokrasi ini mahal dari sisi teknis maupun psikologis. 

Dia pun berharap angka partisipasi warga dalam memilih mendekati angka 80 persen. "Saya berharap di atas kepala 7 tingkat partisipasinya kemarin Pilkada 73,74 persen, Pemilu 2014 angka partisipasinya 70 persen, mudah-mudahan semangatnya lebih," tutur dia.***

Bagikan: