Pikiran Rakyat
USD Jual 14.150,00 Beli 13.850,00 | Sedikit awan, 20.9 ° C

Kotak Amal Beserta Isinya Digondol Dua Pencuri di Masjid Agung Cimahi

Ririn Nur Febriani
STAF Masjid Agung Kota Cimahi pada Selasa, 16 April 2019, menunjukkan rekaman CCTV yang memperlihatkan aksi pencurian kotak amal masjid yang berisi uang titipan jemaah.*/RIRIN NF/PR
STAF Masjid Agung Kota Cimahi pada Selasa, 16 April 2019, menunjukkan rekaman CCTV yang memperlihatkan aksi pencurian kotak amal masjid yang berisi uang titipan jemaah.*/RIRIN NF/PR

 

CIMAHI, (PR).- Kotak amal beserta isinya milik Mesjid Agung Cimahi raib digondol maling. Aksi dua orang pelaku terekam kamera CCTV saat menggotong kotak amal tersebut ke luar area mesjid.

Petugas Keamanan Mesjid Agung Cimahi Hariyanto, membenarkan kejadian tersebut di lokasi Jalan Jenderal Amir Mahmud Kota Cimahi, Selasa, 16 April 2019. "Saat terjadi aksi pencurian tersebut situasinya memang sepi karena jemaah dan pengurus masjid tengah melaksanakan ibadah salat Isya," ujarnya.

Rekaman CCTV memperlihatkan posisi kotak amal tersebut disimpan di depan pintu gerbang masjid bagian belakang. Ukurannya berkisar ketinggian 70 cm. Letak kotak amal yang dicuri  tersimpan di bagian belakang mesjid, area tersebut cukup jarang dilewati jemaah terutama jika sedang menjalankan salat Isya berjamaah. 

Kemudian muncul satu orang diduga pelaku yang sedang mangawasi situasi di sekitar lokasi. Setelah situasi dirasakan aman, pelaku lainnya masuk untuk mengambil kotak amal tersebut.  Saat itu aksi mengangkut kotak amal sempat dipergoki seorang jemaah yang akan melaksanakan ibadah salat Isya. Namun jemaah tersebut terlihat bingung melihat  pelaku dan tidak melakukan pencegahan. Kedua pelaku pun berhasil keluar area mesjid dan membawa kabur kotak amal  dengan menggunakan sepeda motor.

Setelah pengurus Masjid Agung selesai melaksanakan ibadah salat Isya, jemaah yang sempat memergoki langsung melaporkan bahwa kotak amal tersebut dicuri.  Kemudian pengurus melakukan pengecekan ke lokasi dan memeriksa CCTV. "Hasil pemeriksaan CCTV ternyata benar. Setelah itu kami langsung melapor ke Polsek Cimahi dan sudah ditindaklanjuti, semoga pelaku bisa segera tertangkap," katanya.

Ia mengatakan, kotak amal yang telah dicuri itu sudah 6 hari tidak dibuka. Hariyanto memprediksi jumlah uang amal dari jemaah yang ada didalamnya diperkirakan tidak terlalu banyak. "Biasanya dibuka satu minggu satu kali. Soal jumlahnya kurang tahu tapi mungkin karena disimpan dibelakang jadi uangnya tidak akan terlalu banyak karena jarang dilewati jemaah," ucapnya.

Kejadian pencurian kotak amal ini, lanjutnya, ternyata sudah tiga kali dialami Mesjid Agung Cimahi. Namun pencurian kali ini sangat nekat karena kotak amal turut dibawa pelaku. "Kejadian lalu kotak amal dibongkar dan hanya uangnya saja yang diambil pelaku, sekarang berikut kotaknya. Uang amal titipan jemaah," ungkap Haryanto. 

Kini polisi sedang mendalami kasus pencurian uang di kotak amal tersebut. Pengamanan mesjid pun ditingkatkan pasca kejadian tersebut.***

Bagikan: