Pikiran Rakyat
USD Jual 14.301,00 Beli 14.001,00 | Sebagian berawan, 18.4 ° C

Kapolda Jabar: Potensi Gangguan Terorisme Jelang Pemilu 2019 Sudah Diantisipasi

Ririn Nur Febriani
Pemilu 2019/ANTARA
Pemilu 2019/ANTARA

CIMAHI, (PR).- Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto memastikan jelang pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 situasi Kamtibmas di wilayah hukum Polda Jabar aman dan kondusif. Termasuk, antisipasi gangguan terorisme sehingga dipastikan tak akan mengancam gelaran pesta demokrasi tersebut.

Demikian diungkapkannya usai patroli bersama jajaran Polda Jabar-Kodam III/Siliwangi di Kota Cimahi, Senin, 15 April 2019 malam. Patroli dilakukan dengan pengecekan ke pos di Kota Cimahi.

"Situasi hingga saat ini masih aman dan kondusif, Polri bersama TNI tetap akan mengawal dan melakukan pengamanan hingga puncak pelaksanaan pesta demokrasi. Kita sudah antisipasi hal itu, tidak akan ada lagi ancaman seperti itu," ujarnya.

Hal itu menanggapi adanya penangkapan terduga teroris di Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Bandung beberapa waktu lalu. "Masyarakat tidak usah ragu dan takut untuk datang ke TPS, hal itu tidak akan terjadi lagi," katanya.

Agung menyebut, pihaknya akan melakukan tindakan represif apabila terjadi intimidasi dan paksaan yang dilakukan oknum saat pelaksanaan pemungutan suara. Karena hal tersebut jelas melanggar aturan.

"Saya pastikan dan terus meyakinkan masyarakat bahwa situasinya akan tetap aman. Kami akan melakukan upaya preventif dengan cara melakukan patroli," katanya.

Terkait sejumlah daerah di Jabar masih dilanda bencana seperti banjir, longsor hingga angin puting beliung yang dapat berpotensi logistik pemilu terganggu, Agung juga memastikan sejauh ini masih tetap aman.

"Di Bogor sempat terjadi angin puting beliung tapi tidak ada surat suara yang rusak. Sedangkan untuk banjir di Baleendah lokasi TPS akan dipindahkan, begitu juga dengan banjir di Indramayu," jelasnya.

Pihaknya mengimbau agar masyarakat datang ke TPS dan menyalurkan hak pilihnya. "Kami terjunkan personil mengawal TPS, masyarakat silahkan datang ke TPS gunakan hak suaranya," tuturnya.***

Bagikan: