Pikiran Rakyat
USD Jual 13.896,00 Beli 13.994,00 | Langit umumnya cerah, 16.3 ° C

Mencoblos, Layanan Pengurusan SIM Diliburkan

Ririn Nur Febriani
PULUHAN masyarakat terlihat menunggu kedatangan mobil layanan SIM Keliling Polres Cimahi yang biasa terjadwal  di depan Alun-alun Cimahi, Senin 15 April 2019. Mereka menunggu cukup lama, namun tak ada tanda-tanda kedatangan mobil maupun petugas.*/ RIRIN N FEBRIANI/PR
PULUHAN masyarakat terlihat menunggu kedatangan mobil layanan SIM Keliling Polres Cimahi yang biasa terjadwal di depan Alun-alun Cimahi, Senin 15 April 2019. Mereka menunggu cukup lama, namun tak ada tanda-tanda kedatangan mobil maupun petugas.*/ RIRIN N FEBRIANI/PR

CIMAHI, (PR).- Penetapan hari libur pada saat pencoblosan Pemilu Serentak 2019 pada 17 April 2019 berdampak pada layanan pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM) yang ikut diliburkan. Pasalnya petugas pelayanan tengah menjalani tugas pengamanan tempat pemungutan suara untuk menyukseskan pesta demokrasi tersebut.

Kasatlantas Polres Cimahi AKP Suharto mengatakan hal itu ditemui usai apel pergeseran pasukan PAM TPS Polres Cimahi-Kodim 0609/Kab. Bandung, di Lapangan Rajawali Jalan Gatot Subroto Kota Cimahi, Senin 15 April 2019. "Kepada masyarakat yang masa berlaku SIM-nya berakhir pada tanggal 17 April agar segera melakukan perpanjangan SIM. Pada tanggal 17 April kantor pelayanan SIM tutup dikarenakan petugas melaksanakan tugas pengamanan TPS," ujarnya.

Menurut Suharto, pada 15-16 April 2019 pelayanan SIM di Mapolres Cimahi tetap berlangsung seperti biasa. "Hari ini dan besok tetap ada layanan, tapi petugas mengalami pengurangan karena sudah ditarik ke TPS. Biasanya 1 loket terdapat 2 petugas kini hanya seorang saja," ungkapnya.

Sedangkan, untuk layanan SIM Keliling selama sepekan ditiadakan. "Untuk layanan SIM diupayakan diurus di Mapolres Cimahi," jelasnya.

Selain itu, pelayanan SIM juga menyesuaikan dengan operasional BRI sebagai bank pendukung. "Kita ikut jadwal BRI, sepertinya akan libur selama 4 hari mulai 17-20 April 2019 karena pada Jumat 19 April 2019 juga tanggal merah. Kami buka kembali mulai tanggal 22 April 2019," katanya.

Suharto meminta masyarakat maklum akan kondisi saat ini. "Kami berharap masyarakat memaklumi karena petugas sedang menjalankan operasi pengamanan TPS demi menjamin pelaksanaan Pemilu Serentak 2019 berjalan aman kondusif," tuturnya.***

Bagikan: